Bamsoet Nilai Ma'ruf Unggul Debat, Sandi Kalah Jam Terbang

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 13:40 WIB
Bamsoet Nilai Ma'ruf Unggul Debat, Sandi Kalah Jam Terbang Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin diklaim kenyang jam terbang dalam politik, yang membuatnya disebut unggul dari Sandiaga Uno di debat cawapres, Minggu (17/3) malam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo menilai calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin lebih unggul dalam debat yang digelar Minggu (17/3) malam. Dibandingkan dengan pesaingnya Sandiaga Uno, Ma'ruf dinilai lebih unggul karena jam terbangnya lebih tinggi.

"Saya melihat tidak seimbang, mungkin jam kerja Pak Ma'ruf lebih tinggi, sementara Sandi ya kan sama seperti saya. Relatif muda. Mungkin jam terbangnya masih terbatas," kata Bamsoet, sapaannya, saat ditemui di Kompleks Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jakarta, Senin (18/3)

Bamsoet menilai Ma'ruf Amin sangat menguasai persoalan dan substansi materi debat dengan sangat baik ketimbang Sandiaga. Ia menyatakan hal tersebut tak lepas dari pengalaman Ma'ruf yang telah mumpuni sebagai politikus senior dan sebagai ulama Indonesia yang dihormati.


"Pertanyaan-pertanyaan yang ada dijawab tuntas sesuai dengan wawasan yang dimilikinya," kata Bamsoet yang juga ketua DPR RI tersebut.

Bamsoet Sebut Ma'ruf Unggul Debat, Sandi Kalah Jam TerbangBambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Bamsoet tak mempersoalkan bila Ma'ruf membawa catatan kecil dalam debat cawapres. Ia menegaskan catatan itu bukan sebuah sontekan, melainkan daftar pertanyaan yang direncanakan untuk ditanyakan kepada Sandiaga.

"Jadi enggak salah. Beliau ingin bertanya terstruktur dan tepat sasaran," kata dia.

Di tempat yang sama, anggota DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ihsan Soelistio menyatakan Ma'ruf telah mengungguli Sandiaga dalam debat pilpres pada Minggu malam.

Ia menyatakan Ma'ruf telah melampaui ekspektasi semua orang bahwa ia menguasai materi dan persoalan dengan sangat baik ketimbang Sandiaga.


"Yang tadinya sebelum debat saja ada semacam survey 75-25 ya toh, underdog nih yang namanya Kiai Maruf Amin tapi kalau menurut saya kemarin sih beyond expectation dan menguasai semua persoalan," kata dia.

Berbeda dengan klaim dua orang tersebut, sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso justru menyebut Sandi unggul telak 4-1 atas Ma'ruf Amin.

"Kalau saya sebut 4-1, untuk Sandiaga Salahuddin Uno," kata Priyo di arena debat di Hotel Sultan, Minggu (17/3).

Priyo menyebut bahwa skor satu yang diberikan untuk cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin sebagai bentuk penghargaan atas penampilannya dalam debat.

"Bentuk penghormatan, saya tidak enak ngomong mengatakan 5-0," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(rzr/ain)