DPR Minta Fasilitas Umum Cepat Dipulihkan Usai Banjir Sentani

Tim, CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 22:35 WIB
DPR Minta Fasilitas Umum Cepat Dipulihkan Usai Banjir Sentani Bamsoet. (Detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta pemerintah terkait agar sarana dan prasarana fasilitas umum bisa cepat dipulihkan usai banjir bandang yang melanda Sentani, Jayapura, Papua, pada Sabtu (16/3) malam hingga Minggu dini hari.

"Ya kami mendorong para pihak. Kami di DPR melakukan konsolidasi agar yg menyangkut sarana dan prasarana umum bisa segera dipulihkan,"kata Bamsoet di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Senin (18/3).

Banjir bandang yang terjadi itu diketahui telah menyebabkan 64 orang meninggal dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Tercatat sembilan distrik di Kabupaten Sentani terkena banjir.
Lebih lanjut, Bamsoet menyatakan pihaknya terus mendesak kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk lebih memperhatikan dan merawat lingkungan. Hal itu bertujuan agar bencana alam tak terulang kembali di kemudian hari.


Ia menyatakan telah mendorong Komisi IV untuk memanggil pihak yang memiliki keterkaitan terhadap bencana tersebut untuk mencari solusi bersama.

"Kami juga sudah mendorong Komisi IV untuk melakukan penelitian dan memanggil pihak terkait untuk dicarikan solusi," kata dia.

Selain itu, Bamsoet turut meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bereaksi cepat. Hal itu bertujuan agar masyarakat yang masih terjebak di lokasi bencana dapat dievakuasi.
"Kami juga mendesak para pihak BNPB untuk segera melakukan langkah penyelamatan dan pencegahan agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi di masa mendatang," kata dia. (rzr/age)