BPN Klaim Prabowo-Sandi Bisa Hapus Larangan Cantrang

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 18:36 WIB
Jika menang di Pilpres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diklaim bisa jadi mengizinkan penggunaan cantrang oleh nelayan yang saat ini masih dilarang Menteri Susi. Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Tedjo Edhy Purdjiatno (kiri), menyebut pihaknya bisa saja mencabut larangan cantrang jika menang di Pilpres 2019. (Saiful Bahri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Dewan Penasehat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Tedjo Edhy Purdjiatno, menyebut pihaknya kemungkinan akan mengizinkan penggunaan cantrang bagi para nelayan jika menang di Pilpres 2019.

Cantrang merupakan alat tangkap ikan yang dilarang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti karena dianggap merusak ekosistem perikanan.

"Bisa jadi [diizinkan kembali] karena cantrang ini digunakan nelayan cukup lama," kata Tedjo di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (19/3).


Prabowo-Sandi, kata dia, nantinya akan membuat kajian khusus soal itu jika resmi terpilih di Pilpres 2019. "Itu akan dikaji nanti," katanya, yang juga eks Menkopolhukam di Kabinet Kerja Jokowi-JK itu.

Tedjo mengaku kajian itu akan dilakukan selama periode setelah pencoblosan hingga pelantikan capres-cawapres terpilih pada Oktober 2019.

"Pemilu kan 17 April, beliau [Prabowo-Sandi] dilantik Oktober itu ada waktu kaji. Kalau pemerintah sekarang tidak pada waktunya mereka kaji [soal cantrang], harusnya mengerjakan sekarang ini, bukan mengkaji lagi," katanya.

Pemerintah sebelumnya resmi melarang Alat Penangkapan Ikan (API) tidak ramah lingkungan per 1 Januari 2018 lewat Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Tangkap Pukat Hela atau trawls dab Pukat Tarik atau Seine Nets di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Salah satu API yang ikut dilarang dalam Permen itu adalah cantrang. Cantrang sendiri banyak digunakan oleh nelayan dan pemilik kapal yang beroperasi di wilayah pesisir pantai Utara Pulau Jawa. Susi melarang penggunaan cantrang lantaran API ini dinilai tak ramah lingkungan.

[Gambas:Video CNN] (tst/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK