FOTO : Berjibaku Memadamkan Karhutla di Riau

Antara Foto, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 18:16 WIB

Riau, CNN Indonesia -- Pada Rabu (20/3) pagi, satelit mendeteksi total 187 titik panas di wilayah Sumatra, di mana hotspot terbanyak ada di Riau yakni 165 titik panas.

BMKG menganalisis ada 187 titik panas (hotspot) sebagai penanda terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra, Rabu (20/3). Titik terbanyak ada di Riau yakni 165 titik. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pendeteksian titik panas itu berdasarkan pantuan lewat Satelit Terra dan Aqua. BMKG Pekanbaru menyatakan titik panas di Riau meningkat pada Rabu (20/3) dibandingkan sehari sebelumnya yakni jadi 165 titik dari semula 156 titik. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran dan BPBD Kota Pekanbaru berusaha mengeluarkan mobil yang terpuruk ketika akan memadamkan kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, 18 Maret 2019. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
BMKG menyatakan per Rabu (20/3) jumlah titik panas terbanyak terjadi di daerah pesisir Riau yakni Bengkalis (39 titik), Pelalawan (37), Meranti (31), Rokan Hilir (17), Dumai (16), Siak (11), Indragiri Hulu (6), Indragiri Hilir (3), Kampar (2), Rokan Hulu (2), dan Kota Pekanbaru (1). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Riau kini sudah berstatus Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2019. Kebakaran lahan gambut sudah mulai terjadi sejak Januari, dan intensitasnya meningkatkan pada Maret ini. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Data terkini BPBD Riau menyatakan luas Karhutla di Riau sejak Januari sudah lebih dari 2.000 hektare, terluas di Bengkalis yakni 1.045,43 Ha. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Petugas gabungan dari Polri dan Manggala Agni berusaha memadamkan bara api yang membakar lahan gambut di Pekanbaru. Beberapa lembaga bergabung untuk memadamkan api. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Berbagai cara dilakukan untuk memadamkan api, termasuk dengan cara tradisional. Tampak seorang warga memadamkan api yang membakar lahan dekat permukiman warga di Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Kamis (7/3). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Pemadaman juga dilakukan dari udara yakni pengeboman air menggunakan helikopter. Setiap hari helikopter hilir mudik membawa air untuk dijatuhkan ke area kebakaran. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Seorang warga yang kehausan meminum air seusai memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Desa Teluk Makmu, kecamatan Medang Kampai, Dumai. Riau. Sabtu (16/3). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Kepulan asap membubung ke udara ketika terjadi kebakaran lahan gambut di Kepulauan Meranti, Riau. Jika kebakaran tak juga padam, dikhawatirkan akan terjadi kabut asap. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Sejumlah anak bermain sambil menutup hidungnya agar tidak menghirup asap kebakaran lahan di Kecamatan Dumai Timur. Pemerintah setempat sudah menyalurkan masker untuk warga. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)