FOTO: Melihat Pengungsian Banjir Sentani di Bukit Harapan

ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 14:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Banjir bandang melanda Sentani, Kabupaten Jayapura Papua. Ribuan orang mengungsi ke tempat aman. Sementara jumlah korban tewas mencapai 104 orang.

Banjir bandang melanda Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3) lalu. Tercatat  9.961 orang mengungsi ke tempat aman. Salah satu titik pengungsian adalah Bukit Harapan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Warga mendirikan tenda darurat di Bukit Harapan karena rumah mereka terseret banjir. Mereka mengungsi ke tempat tinggi karena khawatir ada banjir susulan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Saat tercatat ada 104 orang korban tewas dalam bencana banjir bandang. Sebanyak 97 orang tewas di Kabupaten Jayapura dan 7 lainnya di Kota Jayapura. 79 orang dilaporkan masih hilang. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Para pengungsi terutama anak-anak dalam kondisi memprihatinkan. Mereka tinggal di tenda-tenda darurat di Bukit Harapan, Sentani, Jaya Pura, Papua. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Pengungsi juga turut membawa hewan ternaknya ke pengungsian. Hewan ternak jadi salah satu aset yang perlu diselamatkan saat barang-barang lain terseret banjir. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Dalam catatan Badan Penanggulan Bencana Nasional (BNPB) ada 18 titik pengungsian. Bertambahnya jumlah pengungsi karena rasa trauma dan takut akan adanya banjir bandang susulan mengingat hujan masih sering turun di wilayah Jayapura. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
BNPB berupaya mengumpulkan titik pengungsian dari 18 titik menjadi 6 titik pengungsi untuk memudahkan distribusi bantuan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)
Gubernur Papua menetapkan tingkatan bencana ini adalah bencana darurat provinsi karena terjadi di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Bantuan dari  pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha terus mengalir.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww)