Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Sibolga di Berau

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 18:33 WIB
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Sibolga di Berau Ilustrasi penangkapan terduga teroris. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris atas nama M alias Abu Arkam di Berau, Kalimantan Timur, pada Selasa (19/3). Ia disebut terkait dengan jaringan teroris Jamaah Anshor Daulah (JAD) Sibolga.

"Pada 19 Maret berhasil diamankan kembali atas nama M alias Abu Arkam, ditangkap di Kaltim, Berau," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (20/3).

Abu Arkam disebut berencana melakukan aksi teror yang dipicu oleh penangkapan terduga teroris Abu Hamzah alias AH di Sibolga.


"Dia memiliki keinginan kuat untuk sesegera mungkin melakukan 'amaliyah' terpicu dengan kejadian di Sibolga," ujarnya.

Dedi menjelaskan penangkapan Abu Arkam dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan tujuh tersangka teroris yang telah ditangkap sebelumnya, yakni P, Abu Hamzah alias AH, AK alias Ameng, ZP alias Ogek, R alias Syuhama, M, dan Y alias Kodijah.

Dedi mengungkapkan dalam jaringan tersebut Abu Arkam diketahui melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak.

"Orang ini berkomunikasi dengan beberapa sel antara lain P alias R," ucap Dedi.

Dengan penangkapan Abu Arkam, maka Densus 88 telah mengamankan total delapan orang yang tergabung dalam jaringan kelompok Sibolga.

[Gambas:Video CNN] (dis/arh)