Jokowi Naik Transjakarta dari Monas ke Bundaran HI

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 18:25 WIB
Jokowi Naik Transjakarta dari Monas ke Bundaran HI Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menggunakan Transjakarta dari Halte Monas, Jakarta, Kamis (21/3). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mencoba transportasi massal yang beroperasi di DKI Jakarta, Kamis (21/3). Jokowi kali ini mengawali perjalanan dengan menggunakan bus Transjakarta.

Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara, dan Gubernur DKI Jakarta naik Transjakarta dari Halte Monumen Nasional (Monas).

Jokowi dan rombongan tiba sekitar pukul 17.00 WIB. Jokowi dan Iriana kompak mengenakan kemeja putih. Mereka bersama rombongan menyeberang melalui pelican crossing menuju halte yang berada di seberang Museum Nasional Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat tersebut.

Kehadiran Jokowi dan Iriana membuat para penumpang Transjakarta kaget. Mereka tak mengetahui bila Jokowi dan Iriana ingin menggunakan Transjakarta. Mereka pun langsung mengeluarkan gawai masing-masing untuk mengabadikan momen langka tersebut.


Sampai di dalam halte, Jokowi dan rombongan langsung masuk ke dalam bus. Jokowi pun terlihat menyapa para penumpang Transjakarta di Halte Monas. Sayang momen Jokowi bersama Iriana di dalam bus Transjakarta itu tak bisa terpantau karena CNNIndonesia.com bersama sejumlah wartawan lain menyusul mereka menggunakan bus selanjutnya.

Setelah perjalanan selama sekitar 15 menit, bus Transjakarta yang ditumpangi Jokowi bersama rombongan tiba di halte bus depan Hotel Pullman. Jokowi dan Iriana jalan berdampingan saat  menyeberang pelican crossing.

Jokowi dan rombongan baru melintasi pelican crossing saat lampu pejalan kaki berwarna hijau. Saat berada di tengah Jalan MH Thamrin, Jokowi bersama rombongan berhenti sejenak karena lampu pejalan kaki berubah menjadi merah.

Ketika lampu kembali berubah menjadi warna hijau, Jokowi bersama Iriana dan rombongan lain kembali menyeberang untuk menuju Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia.

Jokowi dan Iriana mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang mengetahui kehadirannya. Masyarakat pun langsung menghampiri untuk menyapa orang nomor satu di Indonesia itu.

Jokowi dan Iriana pun meladeni permintaan masyarakat yang berfoto bersama. Jokowi bersama rombongan langsung masuk ke dalam stasiun MRT bawah tanah yang berada di kawasan tersebut.

Jokowi melanjutkan perjalanan untuk naik kereta MRT menuju Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setelah itu, Jokowi bersama rombongan kembali menggunakan MRT dan kemudian turun di Stasiun MRT Istora, Senayan, Jakarta Selatan.

Ini adalah kali kedua dalam sebulan terakhir Jokowi menjajal transportasi publik di Ibu Kota pada jam padat penumpang. Sebelumnya, pada 6 Maret 2019, Jokowi kedapatan menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) dan berdesakan dengan penumpang lain untuk pulang dari Jakarta ke Istana Bogor.

Kala itu, Jokowi naik dari Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.30 WIB dan turut berdesakan dengan penumpang lain yang menumpang KRL Bogor.

Keberadaan orang nomor satu di Indonesia itu langsung mencuri perhatian para penumpang.

Tak mau kehilangan momen, para penumpang tampak mengabadikan Jokowi yang berdiri di dekat pintu sambil berpegangan pada tali. Terlihat pula penumpang yang mengajak Jokowi foto bersama.

Dua hari kemudian, kepada wartawan, Jokowi mengaku naik KRL itu dilakukannya secara dadakan setelah melakukan tugas kenegaraan di wilayah Jakarta Selatan.

Nah, itu dadakan saja, pas kemarin acara ada yang menyampaikan itu kan, dadakan saya sudah langsung loncat naik di Tanjung Barat, di dekat Lenteng Agung," kata Jokowi, Rabu (8/3) petang. (fra/kid)