Viral Mobil Berpelat TNI Diduga Dipakai Relawan Prabowo-Sandi

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 12:58 WIB
Viral Mobil Berpelat TNI Diduga Dipakai Relawan Prabowo-Sandi Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penampakan sebuah mobil bermerek Mitsubishi Pajero mendadak viral di media sosial. Mobil berpelat nomor milik TNI, 3005-00, itu disebut dipakai oleh relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sebuah acara di Bogor, Jawa Barat.

Akun media sosial Twitter, @natalsetio, mengunggah video yang menampilkan penampakan mobil berpelat 3005-00 itu ke lini masanya, Jumat (22/3). Dalam video yang diunggahnya, terlihat seorang pria berbaju warna biru tengah menurunkan sejumlah kantong plastik berwarna merah dari bagasi mobil tersebut.

Dalam unggahan itu, @natalsetio pun menuliskan cuitan yang meminta agar pejabat di Markas Besar (Mabes) TNI mengecek kebenaran informasi penggunaan mobil tersebut.



"Ada oknum yang menggunakan mobil dengan plat Mabes TNI mengantar logistik ke posko 02. Dimohon bpk2 di Mabes TNI untuk mengecek kebenarannya. Bravo TNI @Puspen_TNI," cuit @natalsetio.



Akun Twitter lain, @putriteratai25, ikut mencuitkan terkait penggunaan mobil berpelat nomor 3005-00 itu di lini masanya.

Dalam cuitannya, ia menyertakan foto selembar surat undangan acara Panitia Bersama Relawan 02 se-Bogor Raya yang berlangsung Kamis (21/3). Dalam surat itu disebutkan bahwa acara akan berlangsung di Indoor Lapangan Basket GOR Pajajaran Bogor.

"Dr kemarin sdh viral di Bogor, krn kejadian memang deket rumh aku, masak acara relawan 02 pkai mobil dinas mabes TNI... Semoga sgr ada sangsi di copot jabatannya siapa yg ngelepas mobil itu koq bisa smp di gor pajajaran dlm kampanye 02," cuit @putriteratai.

Dalam surat yang diunggah @putriteratai disebutkan sejumlah pembicara akan turut hadir antara lain Ridwan Saidi, Letjen TNI (Purn) Sarwan Hamid, Adhyaksa Dault, Eggi Sudjana, Sri Bintang Pamungkas, Rocky Gerung, Toni Muhtasani Aprami, Siti Hediati Haryadi, Ustaz Ansufri Idrus Sambo, Ustaz Muhammad Al Khatath, dan Hutomo Mandalaputra.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengaku tidak tahu perihal penggunaan mobil berpelat nomor 3005-00 itu dalam acara relawan Prabowo-Sandi.

Dia berkata, pihaknya tengah menginvestigasi untuk mengetahui informasi secara pasti apakah mobil tersebut milik TNI atau mobil sipil yang dipakaikan pelat nomor TNI.


"Kami belum tahu, kami lagi menginvestigasi apakah benar mobil TNi atau mobil sipil yang dipakaikan pelat TNI, terus terang kami belum tahu," kata Andre kepada CNNIndonesia.com, Jumat (22/3).

Lebih lanjut, ia memperkirakan bahwa mobil tersebut digunakan dalam sebuah acara yang berlangsung di Bogor. Namun, Andre mengaku belum mengetahui secara pasti acara yang diselenggarakan di lokasi tersebut.

"Kalau enggak salah [acara di] Bogor. Saya lagi suruh cek tim melakukan investigasi," tutur Andre.

CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi sejumlah pihak dari BPN Prabowo-Sandi lainnya seperti Suhendra Ratu Prawiranegara dan Dahnil Anzar Simanjuntak untuk mengonfirmasi perihal viralnya penggunaan mobil berpelat TNI dalam acara Prabowo-Sandi ini.

Namun, keduanya belum memberikan konfirmasi hingga berita ini diturunkan.

CNNIndonesia.com juga telah berusaha menghubungi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Sisriadi untuk mengonfirmasi perihal penggunaan mobil berpelat TNI tersebut. Namun, Sisriadi belum memberikan konfirmasi juga hingga berita ini diturunkan.

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan wartawan, Sisriadi bersama Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto akan memberikan keterangan pers terkait viralnya video mobil berpelat TNI dalam acara Prabowo-Sandi pada hari ini, Jumat (22/3) pukul 13.30 WIB.

[Gambas:Video CNN] (mts/stu)


BACA JUGA