Jokowi Awali Kampanye di Tangerang, Berakhir di Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 15:03 WIB
Jokowi Awali Kampanye di Tangerang, Berakhir di Jakarta Capres petahana Joko Widodo akan memulai kampanye terbuka di Tangerang dan berakhir di Jakarta. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo bakal mengawali kampanye terbuka di Tangerang, Banten dan berakhir di Jakarta. Kampanye terbuka atau rapat umum dijadwalkan KPU mulai Minggu 24 Maret hingga 13 April 2019.

Jokowi bersama cawapresnya, Ma'ruf Amin akan berkampanye keliling secara terpisah. Tapi khusus awal kampanye di Tangerang dan kampanye terakhir di Jakarta, Jokowi berkampanye bersama dengan Ma'ruf.

"Betul. Kampanye akan dibuka di Tangerang dan diakhiri di Jakarta," ujar Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong saat dikonfirmasi, Jumat (22/3).


Kampanye perdana di Tangerang akan dilanjutkan ke Denpasar, Bali pada hari yang sama.

Usai di dua tempat tersebut, Jokowi akan melanjutkan kampanye di Jawa Timur lalu ke Lhokseumawe, Aceh, dan Dumai, Riau.

Jokowi juga bakal berkunjung ke sejumlah wilayah di Kalimantan yakni Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, dan Mamuju di hari-hari berikutnya.

Sementara pada akhir bulan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan fokus mempersiapkan debat capres yang akan digelar 30 Maret mendatang.

Pasca debat, Jokowi kembali melanjutkan kampanye terbuka, yakni di Makassar dan Manado, Sulawesi. Ia juga akan berkampanye di Sorong dan Papua pada awal April.

Kegiatan kampanye Jokowi cenderung lebih banyak dilakukan di luar Pulau Jawa. Sejumlah wilayah seperti Bengkulu, Batam, Padang Sidempuan hingga Lampung termasuk wilayah yang menjadi tujuan Jokowi melakukan kampanye terbuka.

Setelah itu Jokowi akan mempersiapkan untuk debat terakhir pada 13 April sekaligus penutupan kampanye terbuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Jokowi Awali Kampanye di Tangerang, Berakhir di JakartaCawapres Ma'ruf Amin hanya akan berkampanye terbuka bersama Jokowi di awal dan akhir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).

Kampanye Ma'ruf

Selain Jokowi, TKN juga telah menyiapkan jadwal kampanye bagi Ma'ruf. Cawapres nomor urut 01 itu bakal mengawali kampanye dalam kongres dan rapat kerja nasional santri nasional di Jakarta pada 30 Maret 2019.

Mantan rais am PBNU itu juga bakal berkampanye dalam acara Isra Mi'raj akbar di Bandung, Jawa Barat pada awal April. Selama satu bulan, Ma'ruf akan fokus melakukan kampanye terbuka di wilayah Jabar di antaranya Garut, Sukabumi, hingga Banten.

Sementara di akhir masa kampanye terbuka, Ma'ruf akan melakukan kampanye bersama Jokowi di GBK sebelum sesi debat terakhir.

Diketahui KPU membagi kedua pasangan calon ke dalam dua zona utama dalam pelaksanaan kampanye akbar terbuka. Prabowo-Sandi mendapat jatah lebih dulu berkampanye di zona A sedangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di zona B.

Zona A meliputi daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Sementara, Zona B terdiri dari daerah Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat.

Nantinya, kedua paslon dan partai politik pengusung akan saling bertukar posisi setiap dua hari sekali hingga 13 April 2019 untuk menggelar kampanye rapat umum di daerah yang telah ditentukan. (psp/osc)