Kunker ke Bali, Jokowi Puji Arsitektur Pasar Badung

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 19:57 WIB
Kunker ke Bali, Jokowi Puji Arsitektur Pasar Badung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyalami warga saat meninjau langsung kondisi Pasar Badung, Bali, yang baru diresmikannya, 22 Maret 2019. (CNNIndonesia/Feri Agus Setyawan)
Denpasar, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Badung, Bali, yang telah selesai direnovasi usai mengalami kebakaran 3 tahun lalu.

Jokowi mengatakan Pasar Rakyat itu memiliki arsitektur paling bagus dari pasar yang pernah dirinya kunjungi.

"Karena ini adalah pasar heritage, warisan pusaka. Kalau dilihat dari depan. Ini adalah pasar dengan arsitektur yang paling bagus yang pernah saya lihat," kata Jokowi di pelataran Pasar Badung, Jumat (22/3).


Jokowi pun meminta pengurus pasar dan para pedagang sama-sama menjaga kebersihan. Selain pasar yang bersih, mantan wali kota Solo itu juga mengingatkan agar pedagang murah senyum kepada para pembeli

"Yang paling penting jangan sampai pasar itu becek, bau, kotor. Sehingga pasar bisa bersaing dengan pasar modern," ujarnya.


Jokowi kemudian menandatangani prasasti peresmian Pasar Badung. Ia lantas didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Usai menandatangani prasasti, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana, Enggartiasto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan rombongan meninjau ke dalam pasar. Jokowi berkeliling di dalam pasar melihat kondisi tempat pedagang berjualan.

Jokowi mendapat sambutan riuh dari para pedagang. Mantan gubernur DKI Jakarta itu sempat berbincang dengan salah satu pedagang sambil memegang kantong berwarna hijau sebagai pengganti plastik untuk para pembeli.

Calon presiden petahana itu menyalami satu per satu pedagang serta masyarakat yang berada di sisi kiri dan kanan dirinya berjalan. Jokowi juga meladeni masyarakat satu per satu yang ingin berfoto bersama.

Jokowi tiba di Pulau Dewata sekitar pukul 17.40 Wita setelah melakukan kunjungan kerja di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setelah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jokowi dan rombongan pun bergerak ke Pasar Badung.


Saat mobil yang membawanya menuju Pasar Badung melintas Jalan Raya Gusti Ngurah Rai, sang presiden memilih untuk berhenti guna menyapa masyarakat yang memadati area di pinggir jalan.

Jokowi menyapa para warga yang mendekat ke pintu mobilnya. Ia menyalami satu per satu warga tersebut. Jokowi juga meladeni permintaan foto dari warga yang mengajaknya swafoto.

Masyarakat yang membludak di jalan tersebut turut memanggil-manggil orang nomor satu di Indonesia itu. Ada juga masyarakat yang memainkan alat musik gamelan khas Bali.

Jokowi sekitar 10 menit berhenti di tengah jalan untuk menyapa langsung masyarakat. Setelah meresmikan Pasar Badung, sang kepala negara pun beranjak menuju Ardha Chandra di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Jokowi akan menghadiri simakrama (silaturahmi) dengan tokoh dan masyarakat Bali.




(fra/kid)