Bawaslu Ungkap Purnawirawan TNI di Balik Pajero Pelat 3005-00

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 20:50 WIB
Bawaslu Ungkap Purnawirawan TNI di Balik Pajero Pelat 3005-00 Anggota Bawaslu Rahmat Bagja. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan akan mengusut mobil dinas TNI berpelat nomor 3005-00 dalam di acara kampanye relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, lembaga tersebut menyatakan mobil itu diduga milik purnawirawan TNI. Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan hal itu diketahui dari temuan Panwascam Tanah Sareal, Kota Bogor.

"Masih dalam penyelidikan, jangan (dulu diungkap identitasnya). Ada, orangnya sedang diproses. Bukan (perwira aktif), purnawirawan," ujar Bagja saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (22/3).


Saat ini Bawaslu masih mendalami terkait kehadiran mobil itu di acara kampanye relawan Prabowo. Bagja menyampaikan Bawaslu punya waktu sepekan untuk meregistrasi temuan tersebut.

Lembaga itu punya waktu empat belas hari kerja untuk mengumpulkan fakta-fakta dan memutus dugaan pelanggaran pemilu.


Sebelumnya, viral video di media sosial yang menayangkan mobil Pajero dengan pelat 3005-00 yang terlihat di acara kampanye relawan Prabowo-Sandi.

Mabes TNI mengonfirmasi hal tersebut. Namun mereka menyebut ada kejanggalan. Pasalnya pelat tersebut harusnya tersemat di mobil Mitsubishi Lancer, bukan Mitsubishi Pajero.

TNI sedang mendalami hal itu dan kemungkinan sanksi jika terbukti ada anggota yang ikut berkampanye.

"Hal tersebut sedang dalam penyelidikan dan pendalaman kami kenapa sampai terjadi berubah jenis kendaraan tersebut yang digunakan," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

[Gambas:Video CNN] (dhf/osc)