Jokowi Janjikan Sepeda untuk yang Tak Setuju Program 3 Kartu

CNN Indonesia | Minggu, 24/03/2019 18:07 WIB
Jokowi Janjikan Sepeda untuk yang Tak Setuju Program 3 Kartu Jokowi mempersilakan warga yang menolak program Kartu Indonesia Pintar, Kartu PraKerja, dan Kartu Sembako Murah naik ke atas panggung untuk dihadiahi sepeda. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Capres nomor urut 01 Joko Widodo meminta masyarakat Banten yang tidak setuju dengan program tiga kartu andalannya agar naik ke atas panggung. Dia menjanjikan sebuah sepeda jika ada yang tidak setuju dan mau naik ke atas panggung.

Momen tersebut terjadi kala Jokowi kampanye terbuka Pilpres 2019 di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten , Minggu (24/3).

Mulanya, Jokowi menjelaskan tentang tiga jenis kartu yang akan diterbitkan, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Jokowi menjelaskan kegunaan setiap kartu. Setiap kali menjelaskan kegunaan kartu, Jokowi meminta kepada warga Banten yang tidak setuju untuk naik ke atas panggung.


Pertama, Jokowi menjelaskan kegunaan KIP Kuliah. Kartu tersebut, lanjutnya, diperuntukkan kepada anak-anak yang ingin kuliah.

"Siapa yang tidak setuju silakan maju. Nanti diberi sepeda," ucap Jokowi disambut gelak tawa warga Banten yang ada di lokasi.

Momen serupa terjadi ketika Jokowi memaparkan kegunaan kartu pra kerja. Dia mengatakan bahwa kartu tersebut akan diberikan kepada lulusan SMK dan akademi perguruan tinggi yang belum mendapat pekerjaan.

Pemilik kartu akan diberikan pelatihan dari berbagai lembaga, misalnya BUMN dan kementerian. Pemilik kartu juga akan diberikan honor hingga mendapat pekerjaan.

"Siapa yang tidak setuju silakan maju. Naik ke panggung," ucap Jokowi.
Jokowi Janjikan Sepeda untuk yang Tak Setuju Program 3 KartuMassa pendukung Jokowi di Banten. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Saat menjelaskan kartu sembako murah, Jokowi kembali mengajak warga Banten di lokasi acara yang tidak setuju untuk naik ke atas panggung.

"Dengan kartu ini nanti pembelian Beras, gula minyak, dan lain-lain akan diberikan diskon besar besaran. Ibu-ibu setuju?. Yang tidak setuju silakan maju. Naik ke sini," kata Jokowi.

Jokowi melaksanakan kampanye terbuka perdana di Stadion Maulana Yusuf Serang, Banten, Minggu (24/3). Sebelumnya, dia berkampanye di GOR Ciceri yang tidak jauh dari stadion Maulana Yusuf.

Nampak sejumlah elit parpol yang mendampingi Jokowi saat berkampanye di Stadion Maulana Yusuf. Mereka antara lain Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum PKPI Dias Hendropriyono dan sejumlah tokoh lainnya.

Kampanye terbuka dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Jokowi juga sempat bersalaman dengan warga Banten yang berada di sekitar panggung.


(bmw/gil)