Akun Dibajak, Haikal Mengaku Ingin Mengadu ke Kantor Twitter

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 08:31 WIB
Akun Dibajak, Haikal Mengaku Ingin Mengadu ke Kantor Twitter Haikal Hassan Baras dikenal sebagai salah satu juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akun Twitter, @haikal_hassan, milik penasihat Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Haikal Hassan Baras diduga dibajak. Pria yang juga akrab dengan sapaan Babe Haikal itu mengatakan bahwa password dari akun Twitter hingga nomor WhatsApp-nya telah dicuri pihak lain.

"Seseorang telah mengambil akun saya," kata Haikal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (25/3).


"Ketika saya forgot password, akun itu mengirim buat membenarkannya bukan ke email dan nomor telepon saya. Itu dikirim ke bukan email saya, dan nomor telepon +44," ujar Haikal.


Oleh karena itu, Haikal pun menyatakan dirinya ingin mendatangi kantor Twitter hingga Facebook di Indonesia untuk bertanya tentang apa yang telah terjadi.

"Sekaligus menjelaskan soal akun-akun tersebut milik dirinya, bukan orang lain," kata Haikal yang mengaku saat ditelepon dirinya tengah berada di Serang, Banten.

Saat ditanya apakah dia hendak mengubah akun-akun media sosial pribadi terkait hal yang telah terjadi, Haikal menjawab bakal meluruskan dulu akun-akun lama miliknya.

Haikal mengaku mengetahui 'pencurian' akun tersebut pada Minggu (24/3) malam setelah beberapa orang mengonfirmasi perihal unggahan aneh di akun media sosial.

"Kemarin, sekitar pukul 9 malam, setelah ramai-ramai ada yang bertanya apakah benar yang saya kirimkan itu (ke media sosial)," ujar pria yang juga dikenal sebagai salah satu juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut.

Saat itu, Haikal mengatakan mencoba mengambil kembali akun-akun media sosial miliknya, terutama Twitter dengan mengubah kata kunci (password) lewat mekanisme Forgot Password.


Kabar akun media sosial hingga nomor WhatsApp Haikal dibajak itu didapatkan dari Twitter Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Akun Dahnil menayangkan rekaman video klarifikasi dari Haikal.

'Assalamualaikum, teman-teman melalui Mas Dahnil, tolong disebarluaskan akun Twitter saya di-hack,' ujar Haikal dalam rekaman video di Twitter Dahnil tersebut.

Tak hanya itu, Haikal juga mengaku akun Facebook, Instagram hingga, Grup WhatsApp juga dibajak.

Sebelumnya, lewat akun Twitter @haikal_hassan yang diduga dibajak, muncul kicauan dirinya melihat Prabowo tak salat Jumat, malah minum bir di Yogyakarta.

(kid/dea)