Tim Jokowi Minta Orang Tua Tak Ajak Anak ke Acara Kampanye

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 17:24 WIB
Tim Jokowi Minta Orang Tua Tak Ajak Anak ke Acara Kampanye Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo saat kampanye terbuka di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (25/3/2019). Kampanye tersebut dihadiri oleh ribuan pendukung dari berbagai parpol pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengingatkan para orang tua untuk tidak membawa anak-anak di bawah umur atau belum boleh memilih ke acara kampanye terbuka rapat umum. Kampanye terbuka sudah dimulai sejak kemarin, Minggu (24/3).

"Kami berharap pada orang tua untuk tidak mengajak putra-putrinya ya, dalam mengikuti setiap kampanye-kampanye terbuka yang ada di daerah masing-masing," kata Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf, Ade Irfan Pulungan kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/3).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebut dua capres peserta Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto sama-sama melakukan pelanggaran dalam kampanye rapat umum perdana. Salah satu pelanggaran yang dilakukan yakni beberapa peserta membawa anak-anak.


Ade mengatakan bahwa pihaknya tak pernah memobilisasi anak-anak untuk mengikuti kampanye terbuka. Ia menyebut keberadaan anak-anak di lokasi kampanye juga tak bisa dihindari bila mereka diajak oleh orang tua maupun keluarga.


"Mudah-mudahan ada kesadaran dari orang tua masing-masing, untuk tidak mengajak," ujarnya.

Terkait penggunaan kendaraan dinas oleh para pejabat di arena kampanye, Ade belum bisa berbicara banyak. Ia mengaku perlu mengidentifikasi lebih lanjut terkait dengan pemakaian mobil dinas tersebut.

Ade berterima kasih kepada Bawaslu yang telah mengevaluasi pelaksanaan kampanye terbuka perdana. Ia menyatakan TKN Jokowi-Ma'ruf selalu mengingatkan kepada tim kampanye, pejabat yang mendukung pasangan 01 agar mematuhi aturan hukum.

"Kami berupaya tetap mematuhi peraturan hukum," kata Ade.


Sebelumnya Bawaslu menyebut dua capres, Jokowi dan Prabowo sama-sama melakukan pelanggaran dalam kampanye rapat umum perdana yang digelar Minggu (24/3).

Sejumlah pelanggaran antar lain peserta yang membawa anak-anak, aparatur sipil negara (ASN) ikut kampanye, hingga para pejabat negara yang ikut kampanye masih menggunakan fasilitas negara, seperti kendaraan dinas.

Bawaslu telah memerintahkan kantor di daerah untuk segera menindak dan memperingatkan peserta kampanye untuk taat aturan.

[Gambas:Video CNN] (ain)