Jokowi: Kita Lawan Hoaks Bersama-sama

Antara, CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 20:26 WIB
Jokowi: Kita Lawan Hoaks Bersama-sama Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak mudah termakan hoaks dan fitnah. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung banyaknya fitnah yang ia menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Pada sambutannya di kampanye terbuka di Jember, Jawa Timur, Senin (25/3), Jokowi menyinggung soal hoaks dirinya mulai bakal melegalkan zina, penghapusan pendidikan agama, hingga mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Jokowi meminta warga Kabupaten Jember untuk memerangi informasi hoaks yang sering muncul dan disebarkan melalui media sosial. Menurutnya, hoaks berupaya memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita lawan hoaks bersama-sama karena saat ini banyak beredar informasi kalau Jokowi-Ma'ruf Amin menang, maka pendidikan gratis akan dihapus. Itu tidak benar," kata Jokowi di hadapan ribuan pendukung dan simpatisan di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (25/3) sore.


Menurut mantan wali kota Solo itu, sejumlah isu yang digulirkan pihak lain seperti dihalalkannya perkawinan sejenis dan zina saat Jokowi-Ma'ruf Amin menang merupakan informasi yang tidak benar. Masyarakat Jember, kata dia, diharapkan dapat meluruskan informasi tersebut dan bersama-sama melawan hoaks.


"Jangan mudah percaya dengan informasi bohong dan saya minta informasi itu diluruskan yang benar seperti apa, sehingga tercipta suasana yang kondusif saat Pemilu," ucapnya.

Jokowi juga menyampaikan agar masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan. Menurutnya, Indonesia memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Di sisi lain, hoaks adalah praktik yang berbahaya yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Jangan mudah dipecah belah karena masyarakat harus merawat bersama persaudaraan itu," tuturnya.


Pada kampanye terbuka tersebut Jokowi mengenakan pakaian khasnya: baju berwarna putih dan celana hitam. Jokowi didampingi istrinya Iriana. Hadir juga bersama rombongan yakni Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Yenny Wahid, Ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Khofifah Indar Parawansa, dan juga sejumlah pimpinan partai politik pendukung.

Kampanye Jokowi di Jember Sport Garden juga sempat diwarnai hujan. Namun massa tetap bertahan memadati lapangan menantikan Jokowi menyampaikan pesan kampanyenya saat naik panggung sekitar pukul 15.30 WIB. Hujan reda ketika Jokowi berorasi politik.

Pesan melawan hoaks bukan tema baru yang diusung Jokowi dalam kampanye terbukanya di Jawa Timur hari ii. Pada agenda kampanye sebelumnya di Banyuwangi, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak masyarakat Banyuwangi melawan berita bohong atau hoaks.

"Saya minta kita semuanya betul-betul bekerja keras dalam waktu yang tinggal 23 hari ini, hati-hati jangan sampai ada perubahan yang disebabkan oleh hoaks," ujar Jokowi dalam orasinya di Alun-Alun Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

[Gambas:Video CNN] (ain)