Sandiaga Tegaskan Komitmen Setop Proyek Reklamasi Jakarta

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 19:51 WIB
Sandiaga Tegaskan Komitmen Setop Proyek Reklamasi Jakarta Cawapres 02 Sandiaga Uno menegaskan kembali komitmennya menolak proyek reklamasi di pantai utara Jakarta jika kelak menang Pilpres 2019 bersama Prabowo. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02 Sandiaga Uno menegaskan kembali komitmennya menolak proyek reklamasi di pantai utara Jakarta. Di samping soal reklamasi, Sandi menjanjikan kelancaran distribusi solar untuk nelayan di sana.

Seperti diketahui pada Pilgub DKI 2017, Sandi bersama Anies Baswedan menjanjikan untuk menyetop reklamasi yang berlangsung di pantai utara Jakarta. Ia mengklaim janji itu sudah dituntaskan oleh Pemprov DKI Jakarta yang saat ini dipimpin oleh Gubernur Anies.

"Isu reklamasi waktu itu sudah kita tuntaskan, kita tunaikan, tapi kami kembali menyatakan kami tegas menolak rekalamasi dan sekarang sudah dirasakan dampak positifnya," kata Sandi usai berkampanye di Gelanggang Olahraga Jakarta Utara di Tanjung Priok pada Senin (25/3) siang tadi.

Sandi mencontohkan dampak positif itu dari laporan warga yang tinggal di Kampung Akuarium.


"Tadi ada Ibu Diani dari Kampung Akuarium yang berterima kasih bahwa komitmen yang kami bawa 2017 sudah ditunaikan, selter sudah dibangun, dan sekarang sedang dibangun hunian yang layak," kata Sandi.
Sandiaga Tegaskan Komitmen Setop Proyek Reklamasi JakartaAnies Baswedan saat kampanye Pilgub DKI 2017 di Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Janji kepada Nelayan

Kepada para nelayan di Jakarta Utara, Sandi mengaku sudah punya beberapa program untuk mengakomodasi kebutuhan mereka. Beberapa program itu di antaranya adalah memperlancar ketersediaan bahan bakar solar.

Ia juga berjanji akan mempermudah regulasi agar hasil tangkap dapat bernilai lebih bagi nelayan.

"Kita akan pastikan harga tangkap mereka dengan harga yang layak dengan membangun lebih banyak sinergi antara wisata kuliner dan tempat pelelangan ikan menjadi daya tarik sendiri di wilayah utara Jakarta," jelasnya.

Sandiaga hari ini menghabiskan kampanyenya di Jakarta, sementara Prabowo Subianto bertolak ke Papua.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal kampanye rapat umum atau terbuka selama 24 Maret hingga 13 April. Setelah itu, masa tenang berlangsung hingga hari pencoblosan pada 17 April.

[Gambas:Video CNN] (bin/gil)