Meski Diprotes BPN, Metro TV Tetap Jadi Penyelenggara Debat

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 06:30 WIB
Meski Diprotes BPN, Metro TV Tetap Jadi Penyelenggara Debat Komisioner KPU Wahyu Setiawan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap menunjuk Metro TV sebagai televisi penyelenggara debat keempat Pilpres 2019 bersama SCTV dan Indosiar yang masuk Grup Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

Penunjukan Metro TV sempat menuai protes dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno karena dianggap tidak netral dan condong mendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Untuk debat keempat, TV penyelenggaranya adalah Grup Emtek dan Metro TV," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (25/3).


Wahyu menyampaikan keputusan Metro TV menjadi penyelenggara sudah melalui pembahasan dengan dua timses. KPU juga sudah berkonsultasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).


Pada kesempatan yang sama, Direktur Relawan BPN Ferry Mursyidan Baldan mengatakan pihaknya sudah tak lagi mempermasalahkan Metro TV sebagai penyelenggara.

Namun, BPN meminta Metro TV dan televisi lainnya untuk bersikap independen agar gelaran debat bisa meningkatkan kualitas pemilu.

"Kami ingin menegaskan jangan mencederai proses demokrasi, biarkan hasil debat menjadi rujukan masyarakat untuk menentukan pilihan. Tak boleh ada kecenderungan melakukan yang tak independen," ucap Ferry.


Debat keempat Pilpres 2019 akan digelar 30 April 2019 di Hotel Shangri La, Jakarta. Metro TV, SCTV, dan Indosiar ditunjuk sebagai penyelenggara.

Debat keempat akan mempertemukan Jokowi dan Prabowo dalam tema 'Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional'.

Sebelumnya BPN Prabowo-Sandi keberatan Metro TV jadi salah satu stasiun televisi yang menyelenggarakan debat keempat Pilpres 2019 pada 30 Maret mendatang. Keberatan tersebut terkait pemberitaan Metro TV yang dinilai tidak berimbang.

Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak telah menyampaikan keberatan tersebut ke KPU pada Kamis (21/3).


[Gambas:Video CNN] (dhf/pmg)