Jokowi-Ma'ruf Gunakan Teknik Hologram untuk Kampanye

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 05:50 WIB
Jokowi-Ma'ruf Gunakan Teknik Hologram untuk Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meluncurkan teknologi hologram untuk kampanye. Teknologi digunakan untuk menjangkau para pemilih secara luas di Pilpres 2019.

Hologram merupakan teknologi ilusi pantulan cahaya yang dapat menampilkan model berupa wujud manusia maupun benda lain dengan sudut pandang 360 derajat dan tampak sangat nyata.

Hologram itu resmi diluncurkan dalam sebuah forum silaturahmi yang dihadiri langsung oleh Ma'ruf Amin ketika berkampanye di Kabupaten Lebak, Banten, Senin (25/3) malam. Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir menjelaskan penggunaan teknologi hologram bermanfaat untuk mengantisipasi jadwal kampanye terbuka Jokowi dan Ma'ruf yang padat di berbagai daerah.


Erick mengatakan hologram mampu menghadirkan sosok Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di berbagai wilayah saat kampanye secara bersamaan meski tak secara nyata."Teknologi ini juga menjadi ujung tombak Jokowi untuk mendekatkan Jokowi kepada calon pemilih," kata Erick dalam keterangan resminya, Senin (25/3).


Diketahui, alat hologram itu dipasang dalam sebuah mobil jenis colt diesel yang diletakkan di bagian tengah ruangan. Kendaraan itu sudah ditata untuk menayangkan hologram yang dimaksud.

Ketika dioperasikan, tiba-tiba muncul sosok Jokowi dan Ma'ruf Amin dalam bentuk cahaya dan dapat mengeluarkan suara di hadapan orang yang melihatnya.Erick menjelaskan bahwa teknologi hologram ini seratus persen karya asli anak Indonesia.

Ia menyatakan nantinya alat hologram ini dapat digunakan untuk menjangkau daerah-daerah padat di Pulau Jawa. "Fokusnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur." kata dia.

Sementara itu, Ma'ruf Amin menyatakan penggunaan hologram tersebut akan resmi digunakan dalam berbagai kesempatan mulai hari ini, Senin (25/3). Metode tersebut digunakan karena baik Jokowi maupun dirinya tak mungkin bisa datang ke semua daerah di masa waktu kampanye terbuka yang singkat.


Oleh sebab itu, perlu medium yang mampu menghadirkan sosok keduanya hingga ke berbagai daerah."Dan jawabannya adalah hologram itu. Jadi hologram ini mulai tayang malam ini. Nantinya bisa diatur (untuk hadir) dimana-mana," kata Ma'ruf.

Selain itu, Ma'ruf mengatakan teknologi ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran pada masyarakat, terutama kaum milenial, bahwa Jokowi dan dirinya mampu menggunakan teknologi untuk berkomunikasi.

"Ini buatan anak-anak kita sendiri. Saya kira ini luar biasa," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi yang hadir dalam bentuk hologram dalam acara tersebut menyambut hangat kehadiran teknologi semacam ini.

(rzr/agt)