Erick Thohir Sebut Jokowi Presiden Peduli Industri Kreatif

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 02:33 WIB
Erick Thohir Sebut Jokowi Presiden Peduli Industri Kreatif Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengatakan Jokowi merupakan presiden pertama yang beri perhatian ke industri kreatif. CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengklaim Joko Widodo merupakan presiden pertama yang peduli dan memperhatikan sektor industri kreatif di Indonesia. Salah satu bukti kepedulian bisa terlihat dari pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada masa pemerintahan Jokowi agar para pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia bisa terwadahi.

"Di mata saya, Joko Widodo merupakan presiden pertama yang memperhatikan adanya industri kreatif di Indonesia," kata Erick dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (25/3).

Mantan Bos Klub Sepak Bola Inter Milan itu turut menyatakan sektor ekonomi kreatif turut memiliki sumbangsih yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional ketika berada di bawah pemerintahan Jokowi.


Data yang dimilikinya, pada era Jokowi sektor ekonomi kreatif Indonesia bisa tumbuh sekitar 5,76 persen. Erick menyatakan pertumbuhan sektor ini lebih tinggi ketimbang sumbangan sektor-sektor lainnya, seperti listrik, gas dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, jasa-jasa dan industri pengolahan.


"Ekonomi kreatif sebagai moda terkini sumber pemasukan bagi negara di era pemerintahan Jokowi mendapat tempat sangat besar. Oleh sebab itu, ekonomi kreatif merupakan lokomotif terkini untuk menyumbang pemasukan bagi negara," kata Erick.

Erick menilai pemerintahan Jokowi sudah memiliki berbagai program untuk mendukung iklim berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya adalah pemerintah telah menyiapkan dengan baik infrastruktur 'langit'  berbentuk jaringan komunikasi demi mendukung industri 4.0.

"Selain itu terdapat program creative space, yang memberikan ruang kreatif untuk anak-anak muda belajar, berjejaring, berkreasi, olahraga, dan wirausaha," kata dia.

Tak hanya itu, Erick menyatakan dirinya optimistis apabila anak-anak muda Indonesia semakin maju dan tak kalah kreatifnya dengan bangsa lain. Pasalnya sekarang ini, infrastruktur maupun sarana dan prasarana untuk memajukan ekonomi kreatif telah dikembangkan oleh Jokowi dengan baik semasa menjabat sebagai presiden.

"Dengan pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan, lalu jaringan telekomunikasi melalui Palapa Ring, dan sumber daya manusia Indonesia yang mayoritas anak-anak muda akan semakin maju," kata Erick.

(rzr/agt)