Prabowo Minum Kopi saat Azan, Fadli Nilai Bentuk Penghargaan

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 15:44 WIB
Prabowo Minum Kopi saat Azan, Fadli Nilai Bentuk Penghargaan Calon presiden Prabowo Subianto mendapat sorotan setelah minta izin minum kopi saat mendengar suara azan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Gerindra Fadli Zon menilai calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sedang menghargai suara azan yang berkumandang dari masjid sehingga harus berhenti pidato sembari menyeruput kopi saat kampanye terbuka di Manado, Minggu (23/3).

Hal itu ia sampaikan untuk merespons kritikan warganet di media sosial Twitter yang membuat meme dengan hastag #AdzanBukanPanggilanKopi untuk Prabowo.

"Pak Prabowo mau minum kopi aja kan itu suatu penghargaan. Pak Prabowo sedang bicara ada azan dan berhenti. Itu penghargaan Pak Prabowo terhadap azan ya," kata Fadli saat ditemui di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (26/3).


Fadli pun menjelaskan duduk perkara sebenarnya atas kejadian tersebut. Sebelum duduk dan minum kopi, Prabowo meminta izin. Itu sengaja dilakukan untuk menghormati azan. Prabowo duduk dan minum kopi hingga azan selesai.

"Orang-orang di mana-mana juga biasa kalau urusan salat ya, abis itu kalau selesai acara orang biasakan ada waktunya. Bukan begitu azan langsung salat kalau kita ada kegiatan," kata Fadli.

Fadli menyatakan tak ada yang salah dengan sikap Prabowo yang meminta izin untuk meminum kopi saat azan berkumandang.

Ia hanya menyatakan kritikan itu sebagai pertanda bahwa pihak lawan merasa kesulitan untuk mencari kelemahan Prabowo di Pilpres 2019 ini.

Prabowo Minum Kopi Saat Azan, Fadli Nilai Bentuk PenghargaanWakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

"Ketika azan itu ya minum kopi dulu apa masalahnya? atau minum air putih dulu apa masalahnya? Ya itu kan karena mereka sulit untuk mencari kelemahan pak Prabowo," kata dia.

Fadli menegaskan tak mau ambil pusing soal kejadian tersebut. Ia menilai kritikan terhadap Prabowo di media sosial yang kini tengah viral itu memberikan keuntungan sendiri.

"Ya kalau diviralkan oleh pihak lawan ya alhamdulillah itu kan jadi promosi juga," kata dia.

Momen Prabowo minum kopi saat azan terjadi saat kampanye terbuka di Manado, Sulawesi Utara, akhir pekan lalu. Saat itu Prabowo sedang berorasi di depan massa pendukungnya. Di tengah orasi, suara azan bergema.

"Karena azan sudah berkumandang, saya hentikan dulu orasi. Kita harus menghormati panggilan beribadah. Saya juga bisa beristirahat untuk minum kopi dulu," ujar Prabowo. (rzr/wis)