Jokowi Janji Perpanjang Dana Otonomi Khusus Aceh

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 20:53 WIB
Jokowi Janji Perpanjang Dana Otonomi Khusus Aceh Jokowi berjanji akan memperpanjang dana otonomi khusus untuk Aceh. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi berjanji untuk memperpanjang Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh jika terpilih kembali sebagai presiden.

Hal itu dikatakannya dalam kampanye terbuka di hadapan ribuan masyarakat di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Aceh pada Selasa (26/3).

"Jangan ditanyakan lagi itu soal Otsus, semua harus yakin karena saya akan memperjuangkannya kembali," kata Jokowi, dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.

"Dengan demikian, Aceh akan menjadi simbol kemajuan di Indonesia bagian barat," ia menambahkan.


Diketahui, UU Pemerintahan Aceh menyebut pemberian dana Otsus Aceh akan berakhir pada 2027.

Jokowi menyatakan dana itu masih diperlukan untuk membangun berbagai infrastruktur di Aceh. Hal itu bertujuan agar pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut mampu meningkat untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh, yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera menjadi urat nadi agar potensi komoditas, ekonomi rakyat, dan sumber daya alam bisa dinikmati rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Aceh," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Masih dalam kesempatan itu, Jokowi turut meminta agar warga Aceh tidak mudah percaya dengan berita bohong atau hoaks.

Selain itu, Jokowi turut memamerkan 'tiga kartu' yang siap diluncurkan, yakni Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah, dan Kartu Pra-Kerja.

Ia menyatakan kartu-kartu itu akan menjadi sarana untuk mewujudkan sumber daya manusia di Aceh yang unggul dan tak kalah dengan wilayah lain di Indonesia.

"Oleh karenanya, selain infrastruktur, kami akan bangun sumber daya manusia di Aceh melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Saya optimistis, dengan perhatian maksimal yang diberikan pemerintah, maka kemajuan di Aceh akan dirasakan semua rakyat," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi turut didampingi oleh Istrinya, Iriana Joko Widodo dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir. Ketika tiba di lokasi acara, Jokowi dan rombongan disambut tim kesenian Rapa'I khas Aceh.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)