AHY soal Rocky Gerung: Demokrat Rumah Pencinta Akal Sehat

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 21:29 WIB
AHY soal Rocky Gerung: Demokrat Rumah Pencinta Akal Sehat Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono merespons sinyal Rocky Gerung untuk bergabung bersama Partai Demokrat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut bahwa partai yang dipimpin sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu merupakan rumah bagi pencinta akal sehat.

Hal itu dikatakan AHY menanggapi sikap aktivis sekaligus akademisi Rocky Gerung yang memberikan sinyal bakal berlabuh ke Partai Demokrat, saat kampanye terbuka pertama di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur, Minggu (24/3).

"Itu menunjukkan bahwa Partai Demokrat selalu menjadi daya tarik bagi pencinta demokrasi, pencinta kebebasan, kebebasan yang bertanggung jawab, pencinta akal sehat, pecinta logika," kata AHY disela kampanye di Surabaya, Rabu (27/3).


Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017 ini mengaku mengapresiasi pernyataan Rocky Gerung itu. Menurutnya Demokrat dan tokoh filsuf nasional tersebut memiliki banyak kesamaan pandangan, utamanya dalam menjaga keutuhan NKRI.

AHY soal Rocky Gerung: Demokrat Rumah Pencinta Akal SehatRocky Gerung. (CNN Indonesia/Safir Makki)

"Mengapa dia (Rocky) memiliki kecocokan hati bersama Demokrat? karena kami dibangun pada sendi sendi yang secara fundamental meyakinkan bahwa NKRI harus terus kokoh, itulah komitmen kami menjaga NKRI, merawat kebinekaan, dan berpihak kepada rakyat," kata dia.

AHY mengaku dirinya menemukan kenyamanan dengan Rocky ketika keduanya terlibat dalam dialektika intelektual yang membahas tentang konsep pembangunan bangsa ke depan, tanpa ada embel-embel gimik politik.

"Kami juga tidak suka terjebak dalam gimik politik saling hantam, adu domba, menghasut, memecah belah, kemudian hanya lempar kata-kata yang kotor dan tidak pantas," ujar dia.



Sebelumnya sinyal ketertarikan Rocky Gerung terhadap partai berlambang bintang mercy ditunjukkan dengan mengenakan sendiri jaket seragam Demokrat, saat kampanye terbuka hari pertama di GOR Ciracas Jakarta Timur.

"Saya memilih jaket saya sendiri. Saya netral dengan cari sendiri jaket saya, jaket ini (jaket demokrat)," ucap Rocky, Minggu (24/3).

Rocky percaya Partai Demokrat memiliki konsep kuat untuk memajukan Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Dia mengaku rutin berdiskusi dengan SBY di perpustakaan mengenai persoalan di negeri ini.

"Partai ini harus siapkan arah akal sehat. AHY artinya Akal sehat Haqul Yakin. Saya hanya percaya dengan akal sehat," jelas Rocky. 

(frd/ain)