Prabowo soal Anggaran Pertahanan: Gue Belum Jadi Presiden

CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 00:43 WIB
Prabowo soal Anggaran Pertahanan: Gue Belum Jadi Presiden Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat memaparkan pendapatnya pada debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) 2019 yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, 30 Maret 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tak mau menjawab pasti ketika ditanya berapa anggaran yang tepat untuk memperkuat pertahanan RI. Pertanyaan para wartawan bermula ketika pada debat capres tadi malam Prabowo menyinggung kecilnya anggaran pertahanan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Saat ditanya berapa kisaran anggaran yang akan dia berikan, mengingat sepanjang debat Prabowo selalu mengkritik minimnya anggaran pertahanan nasional, dia justru tak mau menjawab.

"Gue belum jadi presiden," kata Prabowo sembari tertawa usai debat Pilpres di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Jumat (30/3) malam.


"Pilih gua jadi presiden dulu," lanjut Prabowo ketika sejumlah awak media kembali bertanya soal anggaran.


Prabowo justru memilih menggeser topik, untuk melanjutkan soal bocornya anggaran negara yang dia klaim mencapai Rp1000 triliun. Prabowo mengatakan peningkatan anggaran itu bisa dilakukan jika kebocoran anggaran tak lagi terjadi.

"Kalau itu kita hemat, kita bisa pakai untuk perbaikan kehidupan bangsa. Lembaga pemerintah diperbaiki. Ini nanti ada uang, kita harus tingkatkan anggaran pertahanan untuk jaga kekayaan kita. Negara kita luas," katanya.

Meski tampak sangat fokus soal pertahanan negara dan TNI, prabowo mengaku penguatan TNI tak akan jadi fokus utama pemerintahannya jika memang terpilih. Justru kata dia, hal utama yang akan dia perhatikan adalah kesejahteraan rakyat.

"Nomor satu adalah kesejahteraan rakyat. Tapi kita harus menjaga kekayaan nasional," katanya.


Dari pantauan CNNIndonesia.com, Prabowo usai mengikuti debat langsung keluar dari pintu VVIP yang berada di area bawah hotel Shangri-La. Berbeda dengan saat tiba di lokasi, saat keluar Prabowo tampak berpenampilam casual dengan mengenakan jaket model bomber.

Dalam debat dengan materi pertahanan, sebelumnya Prabowo meyoroti anggaran pertahanan Indonesia yang dinilainya masih terlalu kecil. Ia membandingkan rasio anggaran pertahanan dengan produk domestik bruto (PDB) di Indonesia terlalu kecil dari Singapura.

"Rp107 triliun itu 5 persen dari APBN; 0,8 persen dari GDP kita, Singapura itu anggaran pertahanan 30 persen dari APBN, 3 persen dari GDP," ucap Prabowo.

[Gambas:Video CNN] (tst/ain)