Ma'ruf Amin: Pertahanan Kita Belum Super

CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 13:14 WIB
Ma'ruf Amin: Pertahanan Kita Belum Super Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin merespons pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tentang pertahanan di Indonesia saat ini rapuh dan lemah.

Ma'ruf mengatakan bahwa pertahanan di Indonesia tidak lemah hanya belum super. "Saya kira pertahanan kita tidak lemah kuat cuma belum super," kata Ma'ruf di Jakarta, Minggu (31/3).

Ma'ruf juga mengatakan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo sudah mengupayakan agar pertahanan di Indonesia tidak lemah.


Kemudian, Ma'ruf juga mengatakan bahwa debat kemarin bagus karena Jokowi tenang dan tidak terpengaruhi.

"Ia (Jokowi) bisa menjelaskan secara runtut program-program yang rasional tidak meledak-meledak tidak ingin lompat-lompat, kan kalau membangun itu harus ada tahapan-tahapannya," jelas Ma'ruf.


Sebelumnya, calon presiden RI nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut bahwa pertahanan Indonesia saat ini rapuh dan lemah pada saat debat kemarin.

"Jadi saya mohon ini bukan menyalahkan tapi saya berpendapat kekuatan pertahanan kita sangat rapuh dan lemah, bukan salah bapak," ucap Prabowo di Hotel Sangri-La, Jakarta, Sabtu (30/2).

Prabowo kerap menekankan bahwa kekuatan pertahanan Indonesia berada di posisi tidak menguntungkan. Pertahanan dan Keamanan menjadi salah tama debat capres keempat selain pemerintahan, ideologi dan hubungan internasional. (sas/asa)