FOTO: Antusiasme Warga di Hari Terakhir Naik MRT Gratis

Hesti Rika, CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 19:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Naik MRT gratis akan berakhir hari ini. Warga Jakarta yang tak mau kehilangan momen naik MRT gratis di hari terakhir, memadati stasiun MRT Bundaran HI.

Masyarakat berbondong-bondong mengantre di depan pintu masuk Stasiun MRT Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, pada Minggu (31/3). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Meski matahari terik, mereka tetap menunggu di pintu masuk stasiun yang akan dibuka pukul 11.00 WIB. Karena hari ini merupakan kesempatan terakhir masyarakat dapat naik MRT secara gratis. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Terhitung mulai 1 April 2019, masyarakat yang akan menggunakan layanan MRT Jakarta akan dikenakan biaya perjalanan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Melihat antusiasme masyarakat DKI Jakarta selama masa percobaan, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta melihat masa depan menjanjikan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
PT MRT Jakarta memaparkan bahwa dalam empat hari awal beroperasi, jumlah penumpang Ratangga--nama resmi kereta ini--telah mencapai total 332.184 orang, atau rata-rata 83.046 penumpang per hari. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengumumkan tarif MRT Rp10.000 per 10 kilometer. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Berdasarkan tarif tersebut, harga termurah yang dibayar penumpang adalah Rp3.000 sementara yang termahal pada jalur tahap I ini adalah Rp14 ribu. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Hingga Minggu (31/3) pagi, Peraturan Gubernur (Pergub) soal tarif MRT belum dirilis meski Anies menyatakan sudah selesai membuat aturan itu sejak Jumat (29/3) sore. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Saat ini baru tersedia tiket harian satu tujuan (single trip) atau satu tap masuk dan keluar. Untuk tiket ini penumpang harus membayar deposit Rp15.000, yang bisa diuangkan lagi (refund) jika tiket dikembalikan di stasiun tujuan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
PT MRT Jakarta juga telah merilis aplikasi MRT-J yang bisa di-install pada sistem operasi Android maupun iOS. Pengguna aplikasi dapat mengetahui waktu tempuh antarstasiun dan gerai-gerai yang terdapat di setiap stasiun. (CNN Indonesia/Hesti Rika)