Perjalanan MRT Akan Ditingkatkan Jadi Tiap 5 menit Sekali

CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 17:29 WIB
Perjalanan MRT Akan Ditingkatkan Jadi Tiap 5 menit Sekali Penumpang kereta MRT di Jakarta, Senin,1 April 2019. Mulai 1 Aprl, MRT memberlakukan tarif resmi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak ingin Moda Raya Terpadu (MRT) berhenti pada target 60 ribu penumpang per hari. Peningkatan frekuensi perjalanan akan dilakukan dari 10 menit sekali menjadi 5 menit sekali

Hal ini dikatakannya seusai menggunakan MRT dari kediamannya di Lebak Bulus menuju Balai Kota DKI Jakarta, Senin (1/4).

"Hari ini, hari pertama penggunaannya MRT secara komersial, insyaallah semakin leluasa bagi warga untuk memakainya," kata Anies dikutip dari rilis PPID Jakarta, Senin (1/4).


"Terkait dengan target, target kita sebenarnya lebih banyak yang menggunakan [MRT], bukannya sederhana [di angka] 60 ribu [penumpang]," ucap dia menambahkan.

Anies mengatakan bahwa MRT yang dia naiki nyaman karena terhindar dari macet. Dia juga mengatakan bahwa sudah banyak warga Jakarta yang mulai menggunakan MRT.

Lebih lanjut, Anies imbau kepada warga Jakarta agar bisa memanfaatkan kendaraan umum apalagi jika sudah terintegrasi. 

Untuk saat ini, lanjutnya, baru delapan rangkaian MRT yang dioperasikan dari total 16 rangkaian.

"Perlu diketahui, pada tahap awal resmi beroperasi secara komersial ini, sebanyak delapan rangkaian kereta Ratangga yang dioperasikan dari total 16 rangkaian," kata Anies.

Saat ini, tiap rangkaian MRT berangkat tiap 10 menit sekali. Nantinya ketika sudah beroperasi dengan kapasitas penuh sebanyak 16 rangkaian akan berangkat tiap 5 menit sekali.

"Nanti kalau sudah beroperasi dengan full kapasitas 16 rangkaian maka bisa tiap 5 menit berangkat. Kalau sekarang masih 10 menit," kata Anies.

Anies menambahkan dengan dioperasikannya MRT hanya delapan rangkaian ini maka diberikan potongan harga tarif sebesar 50 persen. Potongan ini akan berlaku selama April.

Sebelumnya, saat peresmian MRT oleh Presiden Jokowi, Minggu (24/3), Anies menyebut akan ada peningkatan target penumpang per harinya.

"Perkiraan penumpang per hari di awal operasi adalah 65 ribu orang per hari, dan secara bertahap akan kita tingkatkan menjadi 130.000 per hari tahun depan," kata Anies saat membacakan laporan dalam peresmian MRT Jakarta ketika itu.

[Gambas:Video CNN] (sas/arh)