Balques Manisang dan Tomy Ristanto Moderator Debat Pamungkas

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 20:16 WIB
Balques Manisang dan Tomy Ristanto Moderator Debat Pamungkas Balques Manisang (Dok. Instagram/balques_manisang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk dua jurnalis, yaitu Balques Manisang dan Tomy Ristanto, sebagai moderator Debat Kelima Capres.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyampaikan dua nama tersebut diajukan oleh stasiun televisi penyelenggara dan telah disetujui Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Moderator debat kelima telah disepakati bersama Balques Manisang dari tvOne dan Tomy Ristanto dari NetTV," kata Wahyu dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (2/4).

Balques dan Tomy ditugaskan memandu jalannya debat. Mereka juga punya tugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan tim panelis.
Balques Manisang dan Tomy Ristanto Moderator Debat PamungkasTomy Ristanto. (Dok. Instagram/tomrist_)

Selain dua nama itu, KPU juga menunjuk enam jurnalis lainnya sebagai pemandu mata acara debat. Jurnalis Berita Satu TV Amie Ardhini dan jurnalis tvOne Andromeda Mercury ditunjuk menjadi moderator off air dan pengundian urutan debat.


Lalu Nadia Soekarno dari Net TV dan Rudi Andanu dari Berita Satu TV ditunjuk sebagai MC wall of fame dan saat jeda iklan. Kemudian jurnalis Berita Satu TV Reza Firmansyah Ismail dan jurnalis ANTV Tysa Novenyl menjadi MC jumpa pers.

Selain deretan nama pemandu acara, KPU, TKN, dan BPN juga membicarakan calon panelis. Namun nama tim panel belum final sehingga Wahyu enggan mengumumkan.

"Sampai dengan saat ini KPU sedang melakukan proses identifikasi dan klarifikasi beberapa nama yang menjadi calon panelis debat kelima," tuturnya.

Debat kelima capres digelar pada 13 April 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat ini akan kembali mempertemukan dua pasangan calon. Tema yang diusung adalah sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.
[Gambas:Video CNN] (dea)