Kampanye di Batam, Jokowi Janji Buat Jembatan Terpanjang RI

CNN Indonesia | Sabtu, 06/04/2019 20:44 WIB
Kampanye di Batam, Jokowi Janji Buat Jembatan Terpanjang RI Calon Presiden Jokowi dalam kampanye Pilpres 2019 di Batam berjanji akan mewujudkan pembangunan Jembatan Batam-Bintan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Jokowi berjanji akan mewujudkan pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Batam dengan Bintan yang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu.

Janji ia sampaikan saat kampanye terbuka Pilpres 2019 di Kota Batam.

Jokowi mengatakan akan segera mengirimkan tim untuk merampungkan desain teknis rinci (Desain Engineering Design/ DED) agar pengerjaan jembatan sepanjang 7 kilometer tersebut bisa segera diwujudkan.


"Pekan depan saya kirimkan tim untuk cek secepatnya sehingga DED bisa dilakukan secepatnya karena ada permintaan jembatan itu," katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/4).


Sebagai informasi, pembangunan Jembatan Batam-Bintan sebenarnya sudah diinisiasi sejak 2005 lalu. Jembatan tersebut diperkirakan akan memiliki panjang 7 kilometer.

Pembangunan jembatan tersebut diperkirakan akan menelan dana Rp4 triliun. Kalau benar pembangunan akan diwujudkan, jembatan ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Saat ini, rekor jembatan terpanjang di Indonesia dipegang oleh Jembatan Suramadu. Pasalnya, jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura tersebut hanya memiliki panjang 5,4 kilometer.

[Gambas:Video CNN] (Antara/agt)