Jelang Kampanye di DIY, Prabowo Sowan ke Sultan HB X

Antara, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 13:53 WIB
Jelang Kampanye di DIY, Prabowo Sowan ke Sultan HB X Capres nomoe urut 02, Prabowo Subianto mengunjungi kediaman Sultan HB X, Senin (8/4) siang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin (8/4). Prabowo sowan bersama sejumlah elite Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Silaturahim Prabowo ke kediaman Sultan HB X berkaitan dengan rencana kampanye mereka di Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta sore nanti.

Prabowo bersama rombongan tiba di halaman utama Kompleks Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY pada pukul 12.00 WIB dengan menggunakan mobil Alphard putih bernomor polisi AB 1130 WI. Prabowo mengenakan peci dan pakaian safari berwarna krem tampak menaiki kawasan Bangsal Kepatihan dan memasuki Gedong Wilis.


Prabowo menjelaskan kunjungan tersebut merupakan kunjungan kehormatan sekaligus meminta izin kepada Sultan atas kedatangannya di Yogyakarta.


"Ini kunjungan kehormatan kita sowan, kita minta izin karena saya datang ke daerah beliau ya pantasnya kita sowan kepada pemimpin daerah," kata Prabowo usai pertemuan tertutup selama 45 menit tersebut, dikutip Antara.

Sultan HB X, kata Prabowo, juga sempat menitipkan pesan tentang kebangsaan kepadanya sebagai calon presiden.
Jelang Kampanye di DIY, Prabowo Sowan ke Sultan HB XRaja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (ANTARA FOTO/Agus Nugroho)

"Pembicaraannya bagus. Tidak bicara hal-hal mendasar. Ada beberapa titipan beliau. Saya sebagai calon presiden saya kira kita terima. Beliau sangat concern tentang NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, kemandirian bangsa dan lain sebagainya," kata Prabowo.

Sejumlah tokoh yang mendampingi antara lain politikus Partai Gerindra Adhyaksa Dault, tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Yogyakarta Syukri Fadholi, beserta Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.


Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Prabowo dijadwalkan menghadiri kampanye akbar di Stadion Kridosono Yogyakarta.  Dalam kampanyenya di kota pelajar kali ini, polisi melakukan pengamanan maksimal. Ini dilakukan menyusul aksi bentrok antara simpatisan PDI Perjuangan dan massa di depan markas Front Pembela Islam (FPI) di Sleman, kemarin.

"Pengamanan maksimal sesuai rencana operasi," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, Ajun Komisaris Besar Yulianto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (8/4).

Sementara itu, berdasarkan rilis Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, calon presiden petahana melangsungkan kegiatan kampanye di Nusa Tenggara Timur, pagi tadi dan akan melanjutkan kunjungannya ke Palangkaraya pukul 19.00 waktu setempat.

[Gambas:Video CNN]



(ain)