Hamengku Buwono X Pesan ke Prabowo Jaga Pancasila dan NKRI

CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 19:55 WIB
Hamengku Buwono X Pesan ke Prabowo Jaga Pancasila dan NKRI Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini dilakukan atas inisiatif Prabowo lantaran dirinya sedang melakukan kampanye terbuka di Yogyakarta.

"Saya hari ini berkampanye di Yogya, jadi saya sowan dan sekaligus kulonuwun kepada Ngarso Dalem Sri Sultan," kata Prabowo seperti dikutip dari rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (8/4).


Dalam pertemuan yang digelar di Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berpesan agar Prabowo bisa menjaga NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika jika kelak terpilih menjadi Presiden RI.
Tak hanya itu, dia juga meminta agar Prabowo membentuk pemerintahan yang efektif dan dapat mengembalikan kejayaan Indonesia.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam itu Sri Sultan ditemani oleh istrinya GKR Hemas, sementara Prabowo didampingi oleh Ketua BPN Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, Wakil Ketua BPN Rachmawati Soekarno Putri, dan Titiek Soeharto.

Pertemuan antara Sri Sultan dengan rombongan Prabowo berlangsung dalam suasana yang sangat santai dan penuh guyon. Wajah Prabowo terlihat berseri-seri ketika keluar ruangan.

Setelah pertemuan dengan Sri Sultan, Prabowo menuju Stadion Kridosono, tempat kampanye digelar.
Hamengku Buwono X Pesan ke Prabowo Jaga Pancasila dan NKRISri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Agus Nugroho)

Mengutip Antara, dalam kampanyenya, Prabowo Subianto mengajak pendukungnya menjadikan momentum pemungutan suara Pilpres 17 April 2019 sebagai kesempatan untuk mengukir sejarah Indonesia.

"Nanti 17 April ini adalah kesempatan saudara-saudara membuat sejarah untuk Indonesia," kata Prabowo saat berorasi di hadapan ribuan pendukungnya saat kampanye akbar di Stadion Kridosono, Yogyakarta.

Prabowo berharap suara pada Pemilu 17 April yang diberikan para pendukungnya untuk pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 02 nantinya dimaksudkan untuk menyelamatkan anak cucu Bangsa Indonesia.
Menurut dia, masyarakat khususnya kalangan anak muda harus berpikir bahwa alasan mereka mencoblos tidak semata-mata untuk memilihnya menjadi presiden, akan tetapi untuk menyelamatkan orang tua mereka agar tidak lagi terbelit kesulitan.

"Jangan hanya berpikir untuk menjadikan Prabowo-Sandi sebagai capres dan cawapres (saja), itu tidak cukup," kata dia.

Selain itu, Prabowo dalam orasinya juga menyerukan seluruh pendukungnya untuk secara serentak agar mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah masing-masing agar terhindar dari manipulasi suara atau berbagai kecurangan lainnya.

"Setiap insan harus lari untuk menegakkan dan meraih keadilan, 17 April jangan mau dicurangi, jangan mau diakal-akali. Jaga TPS, lihat jangan sampai 'tuyul-tuyul' ikut mencoblos, jangan sampai ada hantu-hantu yang ikut nyoblos," kata Prabowo.
[Gambas:Video CNN] (ugo/ugo)