FOTO: Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019

Safir Makki, CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 21:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggelar simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Tanah Abang, Jakarta, Selasa (9/4).

Warga yang akan mencoblos terlebih dahulu mendaftar di TPS dan menujukkan bukti kepada petugas bahwa jarinya belum tercelup tinta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Petugas memeriksa kelengkapan semua alat dan berkas sebelum warga melakukan pencoblosan saat simulasi pemilihan suara Pemilu 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Simulasi pemungutan surat suara ini untuk meminimalisasi kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pada tahap pengambilan surat suara, petugas memperlihatkan contoh surat suara kepada pemilih yang akan melakukan pencoblosan saat simulasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bagi pemilih disabilitas netra tersedia template braile sebagai pemandu pilihan saat mencoblos. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga hadir untuk menyaksikan proses dan alur pemungutan suara Pemilu 2019 saat simulasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, terdapat 481 TPS dari 7 kelurahan. Simulasi ini diikuti oleh pemantau, relawan, warga dan petugas TPS. (CNNIndonesia/SafirMakki)
Pemilu 2019 yang digelar pada 17 April nanti akan dilakukan serentak dan diikuti oleh masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara di TPS pada Pemilu 2019 diselenggarakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan Tanah Abang, Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pada Pemilu 2019 di Jakarta terdapat empat surat suara yang harus dicoblos yaitu surat suara Presiden dan Wakil, DPD-RI, DPR-RI, dan DPRD DKI Jakarta. CNNIndonesia/Safir Makki
Usai mencoblos warga mencelupkan jari ke dalam botol tinta sebagai tanda telah melakukan pencoblosan dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)