Anies Bebaskan Rumah Pejuang Kemerdekaan dari Kewajiban PBB

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 20:52 WIB
Anies Bebaskan Rumah Pejuang Kemerdekaan dari Kewajiban PBB Gubernur DKI Anies Baswedan membebaskan pajak bagi rumah pejuang kemerdekaan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rumah veteran dan keluarga pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia di DKI Jakarta dibebaskan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Hal ini ia sampaikan pada saat menghadiri kegiatan pelantikan Badan Pembudayaan Kejuangan, 45 Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2019-2024.

"Mulai tahun ini, semua keluarga dan tiga generasi di bawahnya yang masih menempati rumah yang sama dari para pejuang kemerdekaan di bebaskan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)," kata Anies di Balai Agung Balai Kota Jakarta, Selasa (9/4).


Syaratnya, kata Anies, rumah tersebut tidak boleh dipakai untuk kegiatan komersial. Jika digunakan untuk komersial maka PBB akan tetap berlaku.

Kemudian, Anies menambahkan bahwa pembebasan PBB merupakan kebijakan yang didasarkan fakta bahwa rumah para pejuang kemerdekaan pada awalnya merupakan hunian sederhana di Jakarta.

Namun, kemudian sebagian rumah berada di wilayah elite dengan nilai PBB yang membebani para veteran serta keluarganya.

"Negeri ini mengusir keluarga-keluarga yang dulu berjuang setengah mati. Saya yakin insyaallah sebagian dari Bapak/Ibu sekalian ikut rombongan yang nanti akan terbebaskan dari pajak dengan kebijakan ini," kata Anies.

Anies juga berharap kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan pengurus Badan Pembudayaan Kejuangan 45, Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Provinsi DKI Jakarta dapat terus terjalin baik.

"Karena itu harapan saya, organisasi ini teruslah menjaga nama baik dan nama besar itu. Tunjukkan sikap, tunjukkan cara bertindak yang mencerminkan semangat para pejuang karena hari ini kita membutuhkan rujukan," ucap Anies.

Anies juga menyebut para pejuang kemerdekaan Indonesia telah mewariskan semangat dan menghibahkan segalanya untuk Indonesia.

"Insyaallah semangat perjuangan itu akan terus mewarnai para pemimpin Indonesia, sehingga Indonesia mempesona dunia karena Indonesia berhasil mendapatkan yang disebut sebagai kemandirian, kemerdekaan lewat perjuangan rakyat," tutur Anies.

[Gambas:Video CNN] (sas/arh)