JK Sebut Aturan Produk Halal Terkendala Jokowi Kampanye

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 21:07 WIB
JK Sebut Aturan Produk Halal Terkendala Jokowi Kampanye Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden (wapres) Jusuf Kalla menyatakan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal (RPP JPH) akan segera disahkan Presiden Joko Widodo usai Pilpres 2019.

"Itu sudah diselesaikan oleh beberapa kementerian terkait seperti Kementerian Agama, Industri, Perdagangan, dan juga asosiasi-asosiasi. Maka sudah dibuat perpres-nya," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (9/4).

Selama ini, kata JK, pengesahaan RPP JPH terkendala karena Jokowi tengah sibuk kampanye. JK memastikan capres petahana itu akan segera menandatanganinya usai pilpres.



"Hanya karena kesibukan bapak presiden, kampanye ini harus ke mana-mana sehingga belum ditandatangani," katanya.

Sejak masa kampanye terbuka, kata JK, Jokowi memang jarang berkantor di Istana Negara. Ia pun memaklumi karena Jokowi harus berkeliling demi kepentingan pilpres.

"Beliau sudah seminggu dua minggu ini jarang ke kantor, kita paham itu. Sekiranya bisa ditandatangani wapres, saya teken itu," katanya.


Penyusunan RPP JPH telah dibahas sejak 2018. RPP ini dinilai penting untuk memudahkan pengusaha memperoleh sertifikasi halal pada suatu produk.

Nantinya sertifikasi halal akan dilakukan oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai badan tersendiri dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang akan memeriksa setiap produk. (psp/ain)