PDIP Sebut Klaim Prabowo Titisan Bung Karno Mentah Seketika

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 00:35 WIB
PDIP Sebut Klaim Prabowo Titisan Bung Karno Mentah Seketika Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut klaim bahwa capres Prabowo Subianto punya DNA Bung Karno mentah seketika. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan klaim Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais bahwa calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto merupakan titisan Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo mentah seketika.

Penyebab pertama, kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, adalah karakter Prabowo yang semakin terlihat tempramental.

"Klaim sepihak dari Amien Rais yang menyatakan Prabowo sebagai titisan Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo menjadi mentah seketika melihat bagaimana tampilan pribadi Pak Prabowo yang semakin temperamental," ujar Hasto dalam pesan singkat, Kamis (11/4).


Kedua, Hasto menyebut kampanye Prabowo dan kubunya yang manipulatif, bernuansa fitnah dan hoaks. Misalnya, soal hasil perolehan suara di luar negeri yang memenangkan Prabowo, kehadiran 1 juta orang dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno.

"Ketika jumlah massa yang di GBK dengan kapasitas maks 170 ribu pun diklaim lebih dari 1 juta, maka kita bisa paham katakter pemimpin manipulatif tersebut justru akan direspons negatif oleh rakyat," ujarnya.

Capres Prabowo Subianto bersama politikus PAN Amien Rais.Capres Prabowo Subianto bersama politikus PAN Amien Rais. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Ketiga, keberadaan pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan golongan yang eksklusif alias tidak terbuka terhadap perbedaan di kubu Prabowo-Sandi.

"Kampanye [Prabowo] di Gelora Bung Karno menunjukkan kuatnya eksklusivitas yang berbeda dengan watak dan kepribadian bangsa yang begitu inklusif," ujar Hasto.

"Rakyat terus mencatat bagaimana saat kampanye di Cianjur, Pak Prabowo menggunakan mobil eks donatur ISIS berpelat nomor B 264 RIS. Atas dasar tampilan kampanye ekstra eklusif tersebut, munculah banyak tulisan di sosial media, bagaimana dalam kampanye di GBK, Gerindra dikudeta oleh PKS," ujarnya menambahkan.

"Karena itulah PDI Perjuangan bersama Golkar, PKB, Nasdem, PPP, Hanura, PKPI, Perindo, dan parpol Koalisi Indonesia Kerja lainnya terus merapatkan barisan bersama seluruh komponen masyarakat dan relawan untuk terus mengawal politik kebenaran, politik putih adalah kita," ujat Hasto.

Sebelumnya, Amien menyebut di dalam diri Prabowo terdapat tiga DNA tokoh bangsa yakni Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo.

"Dalam darah Prabowo mengalir tiga DNA yang hebat-hebat: Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo," kata Amien dalam Kampanye Terbuka Prabowo di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4).

Chep Hernawan, seorang tokoh Islam di Cianjur.Chep Hernawan, seorang tokoh Islam di Cianjur yang sempat mengaku memebrangkatkan ratusan WNI ke Suriah. (Sandy Indra Pratama)
Sebelumnya, Prabowo menaiki mobil dengan pelat nomor B 264 RIS saat berkampanye di Cianjur, Jawa Barat, Maret. Mobil itu disebut milik Ketua Umum Gerakan Reformis Islam (Garis) Chep Hernawan. Pada 2015, ia pernah mengaku menjadi donatur keberangkatan ratusan WNI ke Suriah untuk berperang di pihak ISIS.

Namun, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Rikwanto saat itu menyebut informasi yang dikatakan Chep tidak seluruhnya benar dan ada yang bersifat sensasi saja.

[Gambas:Video CNN] (jps/arh)