Agenda Harian

Jokowi Kampanye di Bogor, Prabowo Pidato di Surabaya

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 08:00 WIB
Jokowi Kampanye di Bogor, Prabowo Pidato di Surabaya Suasana pada debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) 2019 yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, 30 Maret 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 dalam Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) akan kembali melanjutkan agenda kampanye terbuka di Bogor, Jawa Barat pada hari ini Jumat (12/3).

Sementara itu, rivalnya yakni capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan Pidato Kebangsaan di Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, hari ini Jokowi akan menyapa masyarakat Bogor di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat sekitar pukul 09.30 WIB.


Namun, pada kampanye hari ini Jokowi tak didampingi cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Ma'ruf sepanjang hari ini disebutkan hanya berada di kediaman pribadinya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Kabupaten Bogor sendiri merupakan 'basis' massa milik Prabowo Subianto di Pilpres 2014. Prabowo-Hatta Rajasa meraih 1.636.134 suara atau 63.73 persen. Sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya mendapat 852.888 suara atau 34.27 di wilayah tersebut kala itu.


Sementara itu Prabowo dijadwalkan melakukan Pidato Kebangsaan di Dyandra Convention Hall, Surabaya, hari ini. Pidato kebangsaan Prabowo itu dijadwalkan mulai pukul 14.30 WIB.

Kemarin, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Miftah Sabri, mengatakan dalam agenda di Surabaya ini capres jagoannya akan mengumumkan 80 nama yang bakal membantunya di pemerintahan jika memenangkan Pilpres 2019.

Miftah mengatakan dalam 80 nama tersebut, beberapa di antaranya akan menjabat sebagai menteri di Kabinet Adil dan Makmur.

Menurut dia, dalam 80 nama tersebut bahkan ada juga menteri yang kini tengah menjabat di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

"80 nama itu itu lintas sektor, pakar dan ahli. Yang mungkin dari tim itu ada yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo. Ini tradisi baru agar pemilih tidak membeli kucing dalam karung," kata Miftah.

Sebelumnya, Sandi menyatakan ia dan Prabowo tak akan menutup peluang untuk menarik orang-orang dari kubu Jokowi-Ma'ruf untuk bergabung ke dalam pemerintahan yang akan mereka bentuk.


Sandiaga sendiri pada hari ini dijadwalkan tak akan mendampingi Prabowo dalam Pidato Kebangsaan di Surabaya. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan memiliki agenda kampanye tersendiri di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Berdasarkan daftar agenda yang dipublikasikan Prabowo-Sandi Media Center, cawapres nomor urut 02 itu akan mengawali hari di Palembang dengan melakukan temu media massa sekitar pukul 07.30 WIB.

Setelah itu, pada pukul 09.00-11.00 WIB, Sandiaga dijadwalkan melakukan kampanye nasional tematik milenial atau YES di The Sultan Convention Center, Bukit Lama, Palembang.

Usai kampanye tematik itu, AHY pun dijadwalkan terbang ke Bandara Raden Inten II, Lampung. Setelah menunaikan makan siang di sana, Sandiaga dijadwalkan melakukan kampanye di GOR Saburai, Kota Bandar Lampung pada pukul 14.00-15.30 WIB.

Sore harinya, pukul 16.00-17.00 WIB, Sandiaga dijadwalkan menghadiri Istighosah Qubro Relawan di Lapangan SSB Waydadi Baru, Bandar Lampung.

(rzr/kid)