Kampanye di Sentul, Jokowi Target Selesaikan Tol Bocimi 2020

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 18:13 WIB
Kampanye di Sentul, Jokowi Target Selesaikan Tol Bocimi 2020 Joko Widodo kembali membahas soal tol Bogor - Ciawi - Sukabumi saat kampanye di Sentul, Bogor, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Bogor, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali membahas soal pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) saat kampanye di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4). Sebelum ada tol tersebut, Jokowi menyebut jarak Bogor ke Sukabumi ditempuh dalam waktu yang cukup lama.

"Dari Bogor sampai ke Sukabumi sebetulnya jaraknya tidak jauh, 50 sampai 60 kilometer tapi ditempuh dalam waktu sangat panjang. Bisa empat jam, tiga jam," ujar Jokowi.

Jokowi mengklaim keberadaan Tol Bocimi sangat membantu masyarakat karena dapat mempersingkat waktu tempuh dari Bogor menuju Sukabumi. Tol Bocimi diketahui baru diresmikan pada ruas seksi I (Bogor-Cigombong) dari Bogor-Cigombong.


"Kita harapkan Tol Bocimi selesai tahun depan. Sekarang selesai dari Bogor ke Cigombong akan terus ke Sukabumi. Dari Bogor ke Sukabumi paling 35-40 menit," katanya.


Janji Jokowi di Sentul tersebut diketahui serupa saat petahana berkampanye di Sukabumi, kemarin. Jokowi juga menjanjikan bakal melanjutkan pembangunan Tol Bocimi. Di sana, Jokowi memasang target perolehan suara sebesar 50 persen pada Pilpres 2019.

Diketahui, seksi I Jalan Tol Bocimi telah diresmikan oleh Jokowi pada Desember 2018. Ruas Tol Bocimi seksi 1 telah menghubungkan Ciawi hingga Cigombong sepanjang 15,3 kilometer. Tol Bocimi sendiri membentang sepanjang 54 km terdiri dari empat seksi yang dibagi menjadi empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.


Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat peresmian akhir tahun lalu mengatakan tol yang diresmikan saat ini merupakan bagian dari tol trans Jawa bagian selatan. Saat seksi I diresmikan, seksi II Cigombong-Cibadak masih dalam tahap pengadaan lahan dengan progres 59 persen sudah bebas. Konstruksi sudah dimulai dan ditargetkan tampung tahun 2020. Keselurahan Tol Ciawi-Sukabumi ditargetkan rampung tahun 2021.

Nantinya diharapkan apabila Tol Bocimi sudah beroperasi penuh maka dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak. Tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5-5 jam menjadi sekitar 40 menit.

[Gambas:Video CNN] (psp/ain)