Massa Jokowi-Ma'ruf Berseragam Putih Padati GBK

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 10:25 WIB
Massa Jokowi-Ma'ruf Berseragam Putih Padati GBK Massa pendukung Jokowi-Ma'ruf telah memadati Stadion Utama GBK, Jakarta, untuk mengikuti kampanye terbuka. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan ribu relawan dari berbagai elemen mulai memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk mengikuti puncak kampanye terbuka pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Berdasarkan patauan CNNIndonesia.com, para relawan sudah memasuki area GBK sejak Sabtu pagi. Mereka terlihat mengenakan kaos putih bergambar Jokowi-Ma'ruf. Ada pula massa yang menggunakan kemeja berwarna putih.

Selain itu atribut partai koalisi hingga kelompok relawan juga terpasang di berbagai sudut area SUGBK.


Andre, salah seorang relawan dari Jakarta Selatan sengaja hadir ke GBK untuk ikut memeriahkan kampanye akbar tersebut. Tahun 2014, ia juga mengikuti acara serupa.


Andre menyampaikan datang bersama keluarga dan sejumlah tetangganya. Ia datang dengan menyewa angkutan umum.

"Saya mau ikut mutihin GBK sebagaimana kata Pak Jokowi pas kampanye," ujar Andre.

Dalam Pilpres 2019, ia juga menaruh harapan agar Jokowi-Ma'ruf menang. Ia menaruh target paslon 01 menang dengan perolehan suara mencapai 65 persen.

Een, salah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Cakung mengaku ikut rombongan kelompok relawan Merah Putih. Ia tiba sejak pukul 08.00 WIB.

Massa Jokowi-Ma'ruf Berseragam Putih Padati GBKSuasana pendukung paslon 01 mulai memenuhi area GBK di Konser Putih Bersatu, Kampanye Akbar Capres-Cawapres 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ia mengaku baru pertama kali ikut kampanye akbar pilpres. Meski demikian ia menyatakan telah mendukung Jokowi sejak Pilkada DKI Jakarta 2012 dan Pilpres 2014.

"Dalam kesempatan ini saya berharap Jokowi menang 100 persen," kata Een.

Selain relawan, ribuan aparat gabungan terlihat melakukan pengamanan. Mereka terlihat membantu massa menuju pintu masuk stadion.


Puluhan pedagang asongan hingga foodtruck juga terpantau berada di sekitar area SUGBk. Massa yang belum masuk ke Stadion Utama juga terlihat beristirahat sembari membeli sejumlah makanan dan minuman.

Berdasarkan informasi, kampanye puncak akan dilaksanakan pada pukul 12.00-17.30 WIB. Sebelum kampanye dilakukan, Jokowi-Ma'ruf akan mengikuti karnaval menuju SUGBK.

Hingga berita ini diturunkan, massa terpantau semakin terus bertambah. Bahkan, massa yang ada di depan pintu masuk stadion berteriak meminta pintu dibuka lebih awal dari yang dijadwalkan pada pukul 12.00 WIB.

Terdengar juga ribuan relawan bernyanyi Jokowi-Amin sambil berjalan menuju depan pintu masuk ke stadion.

(jps/pmg)