Ragam Pesan di Atribut Kampanye Jokowi: NKRI Dijaga Pancasila

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 11:26 WIB
Ragam Pesan di Atribut Kampanye Jokowi: NKRI Dijaga Pancasila Massa pendukung Jokowi-Ma'ruf mengikuti kampanye di Stadion Utama GBK, Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan relawan pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah memadati Stadion Gelora Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, sejak Sabtu (13/4) pagi. Kedatangan mereka untuk mengikuti gelaran kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf yang akan dimulai siang ini.

Ribuan pendukung Jokowi-Ma'ruf mengenakan kaus warna putih dan atribut berwarna senada. Mereka menunggu giliran masuk ke Stadion Utama. Pintu masuk stadion baru akan dibuka pukul 12.00 WIB siang nanti.

Beragam atribut yang mereka kenakan menunjukkan bentuk dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf. Mulai dari topi bertuliskan Jokowi, bendera, hingga stiker merah putih yang ditempelkan di pipi.


Dalam kaus yang dikenakan pun tercantum berbagai tulisan 'coblos Jokowi' hingga 'Jokowi-Amin'. Ada pula yang mendesain sendiri dengan menuliskan 'NKRI dijagain Pancasila, Pancasila dijagain Jokowi, Jokowi dijagain kyai, kyai gue jagain, ape lo, ape lo'.


Sejumlah spanduk pun dipasang memenuhi arena GBK. Spanduk itu berasal dari berbagai relawan yang mengikuti kampanye. Di antaranya bertuliskan 'Aku Jokowi Lagi', salam satu aspal, hingga Presiden dari PDI Perjuangan. Dalam spanduk itu juga terlihat gambar Jokowi dengan Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri dan Presiden RI pertama Sukarno.

Sementara itu di luar arena stadion, terdapat puluhan stand makanan dan fasilitas musala. Pihak panitia juga menyediakan ratusan air mineral yang dibagikan gratis pada para pendukung yang datang.

Sekelompok relawan juga terlihat berkeliling sambil membawa kantong plastik besar untuk mengambil sampah yang berserakan.

Kampanye akbar rencananya akan dimulai pukul 14.00 WIB. Jokowi sendiri dijadwalkan hadir sekitar pukul 16.00 WIB. Selain dari parpol, sejumlah artis juga bakal meramaikan kampanye tersebut.

(psp/pmg)