Konvoi dan Kemacetan Tol Dalam Kota di Kampanye Akbar Jokowi

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 12:14 WIB
Konvoi dan Kemacetan Tol Dalam Kota di Kampanye Akbar Jokowi Para pendukung Jokowi-Ma'ruf menuju GBK demi mengikuti Konser Putih Bersatu, Kampanye Akbar Capres-Cawapres 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Massa pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih berbondong-bondong ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4). Konser Putih Bersatu digelar hari ini sebagai kampanye penutup bagi Jokowi.

Mereka hendak mengikuti puncak kampanye terbuka pada Pilpres 2019. Puluhan ribu orang sudah memadati kawasan SUGBK sejak pagi.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, massa pendukung Jokowi-Ma'ruf terlihat memadati ruas Tol Dalam Kota Jakarta dengan menggunakan bus.


Bus-bus yang berjejer di ruas tol berjalan perlahan ke arah SUGBK. Mereka menggunakan atribut sejumlah partai pendukung Jokowi-Ma'ruf.


Sementara di Jalan Jenderal Gatot Subroto, dipenuhi konvoi motor para pendukung Jokowi-Ma'ruf. Mereka kompak menggunakan atribut PDIP.

Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf, Tol Dalam Kota MacetSejumlah bus membawa pendukung Jokowi-Ma'ruf melintas di Tol Dalam Kota Jakarta. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Ruas Jalan Jenderal Gatot Subroto pun tersendat mulai dari depan Museum Satria Mandala sampai depan Polda Metro Jaya.

Tak hanya menggunakan sepeda motor, para pendukung Jokowi-Ma'ruf juga menumpang angkutan umum yang telah disewa untuk mengikuti kampanye penutup pasangan petahana itu.


Sementara arus lalu lintas di kawasan SCBD mengalami kemacetan. Banyak massa pendukung Jokowi yang berhenti di pinggir jalan. Beberapa bus yang datang tampak dari Bandung dan Cikarang.

"Kayak kampanye zaman Soeharto ya, kapan lagi kayak begini," kata Denny, pengemudi ojek online yang menuju GBK, Jakarta.

Ribuan orang berkaus putih berduyun-duyun jalan kaki menuju GBK. Mereka membawa bendera relawan maupun partai pendukung Jokowi. Sementara mobil dan bus kota tampak tersendat.

Kampanye akbar hari ini rencananya akan dimulai pukul 14.00 WIB. Jokowi sendiri dijadwalkan hadir sekitar pukul 16.00 WIB. Selain dari parpol, sejumlah artis juga bakal meramaikan kampanye tersebut.

(str/pmg)