FOTO: Bersih-bersih Wajah Kota dari Spanduk Kampanye

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia/Andry Novelino, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 12:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilu 2019 memasuki masa tenang atau ketika spanduk dan baligo-baligo kampanye mulai dibersihkan dari pemandangan.

Petugas Satpol PP bersama Aparat Kepolisian dan PPSU menertibkan baliho dan spanduk caleg yang terpasang di wilayah Jakarta Barat, Minggu (14/4) dini hari.  (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dilakukan karena Pemilu kini telah memasuki masa tenang yaitu pada 14 hingga 16 April. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Di kecamatan Pasar Minggu, Jakata Selatan, penurunan dan pembersihan atribut kampanye dipimpin langsung camat pasar minggu Agus Irwanto pada Minggu dini hari pukul 00:15 WIB. Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selama masa tenang, KPU memang sudah meminta agar tidak ada hal-hal yang berbau kampanye, baik itu alat peraga maupun iklan kampanye. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Namun bukan hanya kampanye dalam bentuk fisik yang dilarang. Segala sesuatu yang berbau propaganda pun terlarang di media sosial maupun media arusutama. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kemkominfo juga melarang iklan berbayar kampanye politik di media sosial dalam masa tenang Pemilu 2019 mulai 14 hingga 16 April 2019.(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Selama delapan bulan pelaksanaan Pilpres dan Pileg, wajah kota memang dipenuhi spanduk, poster, dan baliho yang berisi wajah caleg, capres, serta janji-janji mereka. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saat memantau, Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengatakan pohaknya sudah membersihkan semua APK. Pembersihan juga dilakukan hingga gang-gang perumahan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri seluruh alat peraga kampanye akan disimpan di gudang satpol PP. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Masa tenang akan berlangsung selama tiga hari pada 14-16 April. Setelahnya, masyarakat Indonesia akan menggunakan hak suara pada Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)