Kotak Suara di Jepang Transparan, KPU Tak Persoalkan

CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 17:24 WIB
Kotak Suara di Jepang Transparan, KPU Tak Persoalkan Kotak suara Pemilu 2019. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif).
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mempermasalahkan kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 di Jepang berbeda dengan yang digunakan di dalam negeri.

Hal ini tak lepas dari ramainya pembahasan di media sosial, foto pemilihan di Jepang menggunakan kotak suara transparan berbahan mika plastik. Berbeda dengan kotak suara di dalam negeri menggunakan kardus dupleks.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan pengadaan untuk kotak suara berbahan mika di Jepang dilakukan oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) di masing-masing kantor perwakilan (KBRI/KJRI).


"Menyesuaikan ketersediaan bahan baku dan stok di masing-masing negara," kata Pramono saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (15/4).

Pramono menyampaikan kotak suara yang digunakan di luar negeri tak diproduksi dan dikirim dari Jakarta. Sehingga bahan baku yang digunakan berbeda-beda.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Ilham Saputra juga menyatakan serupa. Perbedaan bahan kotak suara yang digunakan di luar negeri tak masalah bagi pihaknya.

Sebab jika harus menyamakan bahan dengan di dalam negeri, akan memakan biaya pengiriman yang mahal dari Jakarta.

"Enggak apa-apa, di luar negeri itu enggak apa-apa selama memenuhi unsur ada transparan," ucap Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Senin (15/4).


[Gambas:Video CNN] (osc)