FOTO: Polahi, Suku Pedalaman yang Baru Kenal Pemilu

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin, CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 12:14 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Suku Polahi yang berarti orang pelarian di Gorontalo, masih ada yang belum pernah menggunakan hak suara mereka ataupun belum pernah ikut pemilu sekalipun.

Suku Polahi tinggal di tengah perbukitan dan hutan di Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Masyarakat Gorontalo menyematkan nama Polahi yang berarti orang pelarian.(ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Lahan perkebunan milik suku Polahi. Suku Polahi diduga melarikan diri dan mengasingkan diri di dalam hutan sejak zaman penjajahan belanda. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Suku Polahi di lokasi permukiman yang hanya memiliki tiga rumah dan dua dapur itu belum pernah menggunakan hak suara mereka di Pemilu. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Beberapa kelompok suku Polahi masih hidup dalam keterasingan dan merasa negara ini masih berada seperti keadaan penjajahan kolonial. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Perempuan warga suku Polahi berada di gubuk tempat mengamati lahan perkebunan mereka di tengah perbukitan dan hutan di Boliyohuto. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Seorang perempuan suku Polahi menunjukan KTP elektronik miliknya usai sosialisasi Pemilu. Pemimpin suku, Raja Babuta mengakui mereka telah memiliki KTP elektronik sejak 2012 karena diajak oleh salah seorang teman dari perkampungan warga. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Suku Polahi masih hidup berpindah-pindah di sekitar lahan mereka di perbukitan itu, dekat dengan sumber air atau sungai. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Relawan Demokrasi didampingi penerjemah memberikan sosialisasi Pemilu kepada warga suku Polahi di tengah perbukitan dan hutan di Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Untuk menjamin agar suku Polahi dapat mengetahui Pemilu, menggunakan hak suara bagi pemimpin negara hingga perwakilan rakyat di DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten, tiga orang Relawan Demokrasi pun menembus perkebunan. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)