TPS Tempat Jokowi Mencoblos Dihiasi Ondel-ondel

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 09:22 WIB
TPS Tempat Jokowi Mencoblos Dihiasi Ondel-ondel TPS tempat Jokowi mencoblos. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tempat Pemungutan Suara (TPS) 008, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, lokasi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menggunakan hak suaranya sudah dibuka. Warga yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) pun mulai antre masuk ke lokasi TPS, Rabu (17/4).

TPS 008 dibangun dari tenda yang didirikan di halaman Gedung Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. TPS tersebut turut dihias dengan nuansa Betawi.

Sepasang ondel-ondel diletakkan di depan pintu masuk ke dalam tenda. Sementara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan batik motif ondel-ondel dan kebaya encim.


TPS mulai buka sekitar pukul 07.35 WIB. Para petugas KPPS lebih dahulu membuka kotak suara. Pencoblosan pun dimulai pada pukul 07.50 WIB.


Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, sebelum menuju tenda pemungutan suara, para warga harus melewati pemeriksaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di depan gerbang Gedung LAN.

Warga mulai antre untuk masuk ke tenda tempat bilik suara dan kotak suara. Petugas KPPS kemudian memeriksa berkas yang menjadi syarat warga untuk memilih.

Warga yang telah mendaftar memilih kemudian diarahkan untuk duduk di kursi. Mereka selanjutnya akan dipanggil satu per satu dan melakukan pencoblosan.

Jokowi dan Iriana pun akan melakukan hal serupa seperti warga pada umumnya. Jokowi dan Iriana dijadwalkan tiba di TPS 008 sekitar pukul 11.00 WIB.

Di TPS 008 Gambir terdapat 198 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan 22 pemilih dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTB). Sementara Jokowi dan Iriana terdaftar di nomor urut 154 dan 155 daftar DPT.

Salah seorang warga yang memilih, Nani mengaku setelah mencoblos akan tetap berada di TPS 008. Nani mengatakan ingin menunggu kehadiran Jokowi dan Iriana yang menggunakan hak suaranya.

"Iya tahu pak Jokowi mau nyoblos di sini. Insyaallah nungguin sampai datang," kata Nani.

[Gambas:Video CNN]

(fra/agt)