Usai Mencoblos, Tommy Soeharto Sebut Ada yang Cederai Pemilu

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 11:21 WIB
Usai Mencoblos, Tommy Soeharto Sebut Ada yang Cederai Pemilu Putra Presiden Kedua RI Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto mencoblos di TPS 02 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/4). (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau biasa disapa Tommy Soeharto mengikuti Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Tommy tiba sekitar pukul 10.00 mengenakan batik berwarna oranye.

Setelah 15 menit berada di dalam TPS, Tommy kemudian keluar dan menunjukkan jari kelingkingnya kepada awak media. Setelah itu, Tommy menyampaikan harapan bahwa pemilu yang digelar hari ini tetap menjunjung asas jujur dan adil (jurdil).

"Setiap orang kami harapkan bisa menerima apapun hasilnya. Dan semoga pemimpin ke depan bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," tutur Tommy, Rabu (17/4).


Hanya saja, putra bungsu mantan Presiden Soeharto ini menyayangkan berbagai insiden yang terjadi menjelang akhir masa kampanye terbuka. Menurut dia, banyak kejadian yang tidak seharusnya terjadi, seperti dugaan aksi suap yang dilakukan beberapa calon legislatif hingga kasus surat suara yang sudah tercoblos meski pemilu belum berlangsung.


"Semuanya memang berjalan dengan baik. Hanya saja ada hal yang kurang demokratis yang mencederai pemilu," kata Tommy.

TPS 02 Gondangdia merupakan TPS tempat seluruh anggota Keluarga Cendana terdaftar. Lima anak Soeharto yakni Hutomo Mandala Putra, Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana, Siti Hediati Hariyadi, dan Siti Hutami Endang Adiningsih masuk di antara 288 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS ini.

Keluarga Cendana pada Pemilu 2019 ini cenderung dekat dengan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tommy dan Titiek, yang merupakan politikus Partai Berkarya, sudah memastikan dukungannya kepada Prabowo, yang merupakan mantan menantu Soeharto.


Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2019 digelar pada 17 April, dengan jumlah tempat pemungutan suara se-Indonesia sebanyak 810.329 TPS.

Daftar Pemilih Tetap untuk Pemilu 2019 sebanyak 190.779.969 pemilih. Jumlah pemilih laki-laki tercatat sebanyak 95.373.698 jiwa, sedangkan pemilih perempuan berjumlah 95.406.271 pemilih.
[Gambas:Video CNN] (glh/pmg)