Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di TPS Amien Rais

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 16:45 WIB
Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di TPS Amien Rais Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais memberikan keterangan pada hari pencoblosan Pemilu 2019, 17 April 2019. (CNN Indonesia/Claudea Novitasari)
Sleman, CNN Indonesia -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dalam Pilpres 2019 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memenangkan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 123, Jl Anggajaya III Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

Di TPS itu pula, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menggunakan hak pilihnya, Rabu (17/4).

Berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS tersebut, paslon 01 unggul dengan 158 suara. Sementara paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 80 suara.


Jumlah total pemilih yang menggunakan hak pilihnya ada 240 dari 265 orang yang terdaftar di TPS 123 tersebut. Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 123, Chitmatul Huda mengatakan jumlah surat suara yang dinyatakan sah ada 238 suara. Sementara yang tidak sah tercatat 2 suara.

"Yang dua itu tidak sah karena mencoblosnya tidak sesuai, yang satu dicoblos dua-duanya. Satu lagi dicoblos di luar kotak dua-duanya," kata Ketua KPPS 123, Chitmatul Huda, Rabu (17/4) usai penghitungan suara.


Chitmatul menambahkan pada saat penghitungan suara, ditemukan satu surat suara lebih yang tidak diketahui asalnya dalam kotak suara, sehingga totalnya menjadi 241 surat suara. Dalam surat suara tersebut tercoblos untuk paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

KPPS 123 memutuskan jika surat suara itu tidak sah, karena terbukti tidak memenuhi syarat. Dalam kertas suara tidak disertai dengan paraf dan keterangan resmi dari KPPS.

"Dan tidak sahnya itu memang mungkin bukan bagian dari surat suara yang masuk. Kita enggak tau dari mana, intinya kita anggap tidak sah," ucap Chitmatul.

Langkah yang kemudian diambil KPPS 123 yaitu akan melaporkan melalui formulir kejadian luar biasa yang memang telah disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hari ini pemungutan suara Pemilu 2019 serentak dilakukan diseluruh wilayah Indonesia. Dalam Pemilu 2019, masyarakat Indonesia tidak hanya memilih capres dan cawapres tetapi juga para legislatif.

Ada lebih dari 192 juta orang terdaftar sebagai DPT. Mereka yang berada di Indonesia, memilih di 810.329 TPS yang dijaga oleh 7,2 juta panitia pemilu.


[Gambas:Video CNN]

(dea/kid)