TKN: Kami Juga Punya Bukti Surat Suara Sudah Dicoblos 02

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 21:11 WIB
TKN: Kami Juga Punya Bukti Surat Suara Sudah Dicoblos 02 Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto. (CNNIndonesia/Feri Agus).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali merespons dugaan kecurangan yang dilontarkan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019, salah satunya soal dugaan surat suara sudah tercoblos pasangan nomor 01.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya pun memiliki bukti surat suara yang telah tercoblos paslon nomor 02 Prabowo-Sandi. Menurutnya, temuan itu berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan TKN.

"Kami juga punya bukti-bukti ada kertas yang begitu dibuka ada yang sudah dicoblos untuk 02," ujar Hasto di Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4).


Hasto mengatakan pihaknya juga menempatkan saksi di TPS, bukan hanya kubu Prabowo. Saksi-saksi itu pun bertugas untuk mengawasi proses pencoblosan dan penghitungan suara.


Lebih lanjut, Hasto menyarankan kubu Prabowo untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi perihal klaim kecurangan pemilu. Ia berkata gugatan tersebut merupakan hak konstitusional Prabowo.

"Dan tentu saja kami mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Karena kami punya berbagai hal yang menyebabkan kualitas demokrasi untuk kami tingkatkan bersama-sama, tapi di beberapa tempat masih terjadi kecurangan," ujarnya.

"Seperti money politic secara masif dan itu tidak dilakukan oleh kubu kami," ujar Hasto menambahkan.


Di sisi lain, Hasto menyampaikan rakyat jauh lebih dewasa daripada para elite. Hal itu ditandai dari kegembiraan dan antusias masyarakat saat menyalurkan hak pilihnya di TPS.

"Rakyat jauh lebih dewasa dalam hal politik dibandingkan dengan para elite yang sering kalau terlalu memuja kekuasaan secara berlebihan," ujarnya. (jps)