Prabowo Dua Kali Beri Keterangan, Sandiaga Tak Mendampingi

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 22:36 WIB
Prabowo Dua Kali Beri Keterangan, Sandiaga Tak Mendampingi Calon wakil presiden Sandiaga Uno tidak ikut deklarasi 'kemenangan' Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tak tampak dalam pidato klaim 'kemenangan' Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Padahal Prabowo dua kali memberikan keterangan pers terkait penyampaian hasil Pemilu 2019.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferdinand Hutahaean menyebut Sandi sejatinya hadir dan berada di rumah Prabowo saat deklarasi.

"Ada di dalam," kata Ferdinand kepada para pewarta melalui pesan singkat, Rabu (17/4).


Ferdinand kemudian menambahkan bahwa alasan Sandi tidak keluar dari rumah karena bagi-bagi tugas. Saat ditanya lebih jauh, ia menyebut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sedang berdiskusi dengan tokoh-tokoh yang juga hadir.

"Lagi diskusi dengan banyak tokoh," ujarnya singkat.

Tokoh yang sedang berdiskusi itu menurut Ferdinand mulai dari tokoh agama, purnawirawan, dan banyak lainnya. Keterangan ini sekaligus menepis isu bahwa Sandi menderita sakit.

"Bukan (sakit), bang Sandi sehat," kata Ferdinand.

Prabowo sudah dua kali memberikan keterangan terkait hasil Pilpres 2019. Pertama ia menyebut ada pelanggaran yang terjadi di Pilpres dan menuding ada lembaga survei yang mengarahkan opini kekalahan kubunya. 

Saat memberikan keterangan kedua, Prabowo Prabowo mengklaim dirinya sudah memenangi pemilu dengan perolehan suara 62 persen. Ia menyebut angka itu berasal dari penghitungan real count dari 320.000 TPS. Kendati demikian, ia tidak menjelaskan penghitungan siapa itu berasal.

Seusai orasi tersebut, Prabowo yang ditemani oleh petinggi parpol pendukung, ulama, dan tokoh masyarakat, meninggalkan panggung. Sebelum itu, ia menyempatkan diri memekikkan takbir juga sujud syukur. (bin/wis)