Banser NU Kawal Misa Malam Paskah di Katedral Jakarta

CNN Indonesia | Sabtu, 20/04/2019 19:01 WIB
Banser NU Kawal Misa Malam Paskah di Katedral Jakarta Sebanyak 20 anggota Banser NU mengawal misa malam paskah di Gereja Katedral Jakarta. Misa di Katedral dibagi menjadi tiga kali. (Foto: CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) ikut mengawal pengamanan misa Malam Paskah yang berlangsung di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (20/4).

Puluhan anggota Banser NU berseragam bermotif loreng-loreng sudah terlihat berdiri sejak misa pertama Malam Paskah di Gereja Katedral, pukul 16.30 WIB.

Seorang anggota Banser NU yang ikut menjaga keamanan di Gereja Katedral, Wahyu, mengatakan puluhan anggota Banser menjaga misa Malam Paskah di gereja yang berhadapan dengan Masjid Istiqlal ini.


Menurutnya, pengamanan telah dilakukan Banser NU sejak pukul 15.00 WIB dan akan berlangsung hingga seluruh rangkaian misa Malam Paskah selesai dilaksanakan.

"Ada 20 orang, tadi sudah dari jam 15.00 WIB," ucap Wahyu kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (20/4).
Dia melanjutkan, kegiatan pengamanan di Gereja Katedral juga akan dilakukan saat Minggu Paskah, Minggu (21/4).

Selain Banser NU, aparat kepolisian juga terlihat berjaga di sekitar Gereja Katedral. Polisi pun menyiakan mobil Gegana di sekitar lokasi.

Ratusan jemaat datang ke Gereja Katedral untuk mengikuti misa pertama Malam Paskah. Mereka memadati seluruh kursi yang disediakan hingga ke bagian halaman Gereja Katedral.

Misa Malam Paskah di Gereja Katedral berlangsung sebanyak tiga kali yakni pukul 16.30 WIB, 20.00 WIB, dan 22.30 WIB.


Sementara misa Minggu Paskah yang digelar Minggu (21/4) akan dilangsungkan sebanyak empat kali yakni pada pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, serta 17.00 WIB.

Kepolisian bersama TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 5.500 anggotanya untuk mengamankan ibadah Tri Hari Suci di wilayah DKI Jakarta mulai 18 hingga 21 April 2019.

Ibadah Tri Hari merupakan hari besar umat Kristiani, diawali dengan ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, dan Hari Raya Paskah.

"Ada sekitar 5.500 personel, Polri, TNI, Dishub dan lainnya yang kita turunkan untuk menjaga keamanan. Polda Metro Jaya sudah merencanakan teknis pengamanan pada beberapa gereja yang melaksanakan kegiatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

[Gambas:Video CNN] (mts/ugo)