Kebakaran Pasar Tanah Abang, Dua Kios Kain Ludes

CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 14:01 WIB
Kebakaran Pasar Tanah Abang, Dua Kios Kain Ludes Korban kebakaran Blok C Tanah Abang, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Shaskya Thalia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Api yang melalap lantai 4 ruko Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat berhasil dipadamkan. Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Pusat Syarifudin mengatakan dugaan awal penyebab kebakaran akibat dua kios yang berada di lantai 3 pasar Tanah Abang Blok C mengalami korsleting listrik.

"Dugaan sementara itu karena listrik, korslet listrik," kata Syarifudin saat ditemui di lokasi, Senin (22/4).

Syarifudin juga mengatakan bahwa hanya dua kios yang menjadi korban si jago merah tersebut. Kios itu masing-masing memiliki luas 3x3 meter.


"Kios yang terbakar cuma dua, dua kios kain. Luasnya kurang lebih 3x3 satu kiosnya," katanya.


Syarifudin kemudian mengatakan belum bisa memastikan berapa banyak kerugian yang disebabkan kebakaran di Pasar Tanah Abang ini.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, sekitar pukul 10.13 WIB kebakaran sudah padam dan unit pemadam kebakaran sudah meninggalkan lokasi. Lalu lintas arah Blok C Tanah Abang yang tadinya ditutup sementara sudah mulai dibuka.

Beberapa pedagang yang terkena imbas kebakaran tampak sedang mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Kios-kios yang terletak di lantai 4 Blok C Tanah Abang kebanyakan menjual pakaian dan los pakaian.

Kebakaran Pasar Tanah Abang, Dua Kios Kain LudesKebakaran blok C Tanah Abang. (CNN Indonesia/Shaskya Thalia)

Eli, pedagang yang kiosnya ikut terbakar mengatakan bahwa peristiwa kebakaran tak membuat semangatnya surut. Ia mengaku akan kembali berjualan jika kios sudah diperbaiki.

"Kita harus bangkit tidak boleh terpuruk karena ini musibah, Insyaallah kalau sudah dibenerin kita mulai berdagang lagi," kata perempuan berumur 46 tahun ini.


Sebelumnya sebanyak 20 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi, 16 dari Jakarta Pusat dan 4 dari kantor Dinas.

"20 itu 16 terdiri dari Jakarta Pusat dan 4 dari Kantor Dinas," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasi Pemadam Kebakaran Mulyanto, di Pasar Tanah Abang Blok C.

Mulyanto menyatakan tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam kebakaran ini. Ia menambahkan bahwa pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

"Tentunya dari pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut," ucap dia.

[Gambas:Video CNN] (sas/DAL)