JK Sarankan Jokowi dan Prabowo Bertemu Langsung Tanpa Utusan

CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 18:08 WIB
JK Sarankan Jokowi dan Prabowo Bertemu Langsung Tanpa Utusan Wapres JK menilai pertemuan Jokowi-Prabowo baiknya digelar tanpa utusan. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyarankan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dapat bertemu langsung tanpa melalui utusan atau pihak yang menjadi mediator. Menurut JK, Jokowi maupun Prabowo bukan musuh sehingga tak perlu menggunakan utusan.

"Kan enggak perlu mediator, pertemuan saja. Ini kan tidak ada lagi musuh, sudah habis musuhnya. Tinggal pertemuan saja agar masyarakat bisa lebih tenang," ujar JK saat ditemui di kawasan Cakung, Jakarta, Selasa (23/4).

Jokowi sebelumnya telah mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk bertemu Prabowo. Namun hingga saat ini keduanya urung bertemu.
JK Sarankan Jokowi dan Prabowo Bertemu Langsung Tanpa UtusanPrabowo dan Jokowi bertarung di Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

JK sendiri tak menampik bahwa Luhut memang berteman baik dengan Prabowo. Menurutnya, perlu pengaturan waktu bagi keduanya untuk bertemu.


"Ya memang sudah menugaskan Pak Luhut, beliau kan teman baik. Saya kira nunggu waktu yang baik," katanya.

Kendati demikian, JK tetap berharap Jokowi dapat segera bertemu langsung dengan Prabowo untuk menjaga kondisi di masyarakat tetap kondusif.

"Makin cepat bertemu, masyarakat bisa lebih cepat (kondusif)," ucapnya.

JK sebelumnya telah menyatakan semua pihak mendukung pertemuan Jokowi dengan Prabowo karena bisa jadi ajang rekonsiliasi selepas pesta demokrasi lima tahunan ini.

[Gambas:Video CNN] (psp/arh)